skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI KOSMETIK PADA MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS X SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 6 Mar 2020; Published: 6 Mar 2020.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas X Semarang. Populasi penelitian ini adalah 134 mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas X Semarang, dengan sampel penelitian berjumlah 103 orang yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi likert yang terdiri dari dua skala, yaitu skala harga diri (35 aitem, α=0,960) dan skala perilaku konsumtif membeli kosmetik (33 aitem α=0,953). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas X (rxy =-0,540 p=0,000). Semakin positif harga diri maka perilaku konsumtif membeli kosmetik semakin rendah. Sebaliknya, semakin negatif harga diri maka perilaku konsumtif membeli kosmetik semakin tinggi. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,292, artinya harga diri memberikan sumbangan efektif sebesar 29,2% pada perilaku konsumtif membeli kosmetik.

Fulltext View|Download
Keywords: harga diri, perilaku konsumtif membeli kosmetik, mahasiswi

Article Metrics:

  1. Adam, A. (2018). Berapa Rupiah Pengeluaran Bulanan Kita agar Tampil "Cantik"?. Diakses dari https://tirto.id/berapa-rupiah-pengeluaran-bulanan-kita-agar-tampil-cantikc186
  2. Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Rosdakarya
  3. Ghufron, MN & Risnawati, S. (2016) Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
  4. Insani, L.N. (2017). Perilaku konsumtif mahasiswa di kampus II Universitas Islam Negeri Alauddin Samata Gowa. Skripsi. UIN Alaiuddin
  5. Jasmadi dan Azzama, A. (2016). Hubungan harga diri dengan perilaku konsumtif remaja di Banda Aceh. Jurnal Psikoislamedia, 1(2)
  6. Mangkunegara, A.A.P. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Mowen, C. John & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga
  8. Nasution, C. (2018). Wanita dan kosmetika (Studi etnografi tentang mahasiswi Fisip USU terhadap pemilihan kosmetik berlabel halal). Skripsi. Universitas Sumatera Utara
  9. Santrock, J. W. (2007). Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga
  10. Satriya, T. H. Y. (2008). Hubungan antara harga diri dan perilaku konsumtif pada remaja di Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  11. Schiffman dan Kanuk. (2004). Riset perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  12. Setiadi, J. Nugroho (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media
  13. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Penerbit Alfabeta
  14. Taylor, S.E., Peplau, L.A., dan Sears, D.O., (2009). Psikologi sosial. Edisi kedua belas. dialihbahasakan oleh: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  15. Tresna, T.A.J. (2013). Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Fisip UNY pada klinik kecantikan. Naskah publikasi. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
  16. Yolanda, R. S. (2016). Hubungan antara body image dan perilaku konsumtif produk bermerk pada remaja putri. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 50-57

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.