Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI23571, author = {Dana Bestari and Anggun Prasetyo}, title = {HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS AT WORK DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. TELKOM WITEL SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {8}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {happiness, ocb}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara happiness at work dengan organizational citizenship behavior pada karyawan Telkom Witel Semarang. Happiness at work dapat diartikan sebagai keadaan dimana karyawan merasa senang saat bekerja yang ditandai dengan adanya emosi positif, keyakinan diri untuk dapat mencapai segala tujuan, dan disertai dengan pengembangan perilaku. Organizational Citizenship Behavior (OCB) dapat diartikan sebagai perilaku karyawan untuk berkontribusi melebihi tuntutan tugas yang telah ditetapkan dan dapat memberikan keuntungan bagi kelangsungan organisasi serta dilakukan secara sukarela. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 karyawan tetap di Telkom Witel Semarang dengan sampel 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convinience sampling . Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Happiness at Work (40 aitem, α = 0,941) dan Skala OCB (22 aitem, α = 0,884). Analisis Regresi Sederhana menunjukkan nilai r xy = 0,583 dan p = 0,000 ( p < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara happiness at work dengan OCB. Semakin semakin tinggi happiness at work maka akan semakin OCB. Begitu pula sebaliknya, ketika happiness at work yang dimiliki rendah, maka akan semakin rendah pula OCB. Happiness at work memberikan sumbangan efektif sebesar 34% dan sisanya sebesar 66% ditentukkan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {33--39} doi = {10.14710/empati.2019.23571}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23571} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara happiness at work dengan organizational citizenship behavior pada karyawan Telkom Witel Semarang.Happiness at work dapat diartikan sebagai keadaan dimana karyawan merasa senang saat bekerja yang ditandai dengan adanya emosi positif, keyakinan diri untuk dapat mencapai segala tujuan, dan disertai dengan pengembangan perilaku.Organizational Citizenship Behavior (OCB) dapat diartikan sebagai perilaku karyawan untuk berkontribusi melebihi tuntutan tugas yang telah ditetapkan dan dapat memberikan keuntungan bagi kelangsungan organisasi serta dilakukan secara sukarela. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 karyawan tetap di Telkom Witel Semarang dengan sampel 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convinience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Happiness at Work (40 aitem, α = 0,941) dan Skala OCB (22 aitem, α = 0,884). Analisis Regresi Sederhana menunjukkan nilai rxy = 0,583 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara happiness at work dengan OCB. Semakin semakin tinggi happiness at work maka akan semakin OCB. Begitu pula sebaliknya, ketika happiness at work yang dimiliki rendah, maka akan semakin rendah pula OCB. Happiness at work memberikan sumbangan efektif sebesar 34% dan sisanya sebesar 66% ditentukkan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University