skip to main content

PERAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA LAKI-LAKI MA BOARDING SCHOOL AL-IRSYAD

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 13 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa laki–laki di MA boarding school Al-Irsyad. Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada tugas-tugas formal yang memiliki hubungan dengan jenis tugas akademik. Kuatnya pengaruh teman sebaya adalah bentuk dari konformitas teman sebaya yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan individu melakukan prokrastinasi akademik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 441 orang dan sampel penelitian 214 orang. Laki-laki dipilih menjadi subjek penelitian dikarenakan lebih sering melakukan prokrastinasi akademik. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala konformitas teman sebaya (25 aitem, α=0,887) dan prokrastinasi akadmik (24 aitem, α=0,876). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki MA boarding school Al-Irsyad (r=0,627;ρ=0,000). Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi konformitas teman sebaya yang dimiliki siswa laki-laki maka akan semakin tinggi pula prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki, sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya yang dimiki oleh siswa laki-lakimaka akan semakin rendah pula prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki. Konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 39,3 % pada prokrastinasi akademik.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; prokrastinasi

Article Metrics:

  1. Arvianola, D. A. (2016).Teknik self-monitoring untuk menigkatkan disiplin tata tertib di sekolah kelas VIII SMP negri 17 Surakarta.Skripsi.Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta
  2. Balkis, M. & Duru, E. (2009). Pravalence of academic procrastination behavior among preservice teacher, and its relationship with demographic and individual preference. Journal of theory and practice in education, 5(1), 18-32
  3. Burka, J.B. dan Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it. Camridge: Da Capo Press
  4. Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 2, No. 2,123-132
  5. Ferrari, J. R., et al. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. New York &London : Plenum Press
  6. Ghufron, M. N., &Rini.R., S. (2017).Teori – teori psikologi.Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
  7. Hurlock, Elizabeth B. (2002). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, Edisi Kelima.Jakarta: Erlangga
  8. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonedia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Diunduh dari: www.bsnp-indonesia.org
  9. Klassen, R. M., Lindsey L., K., & Sukaina R. (2007). Academic procrastination of undergraduates: low self-efficacy to self-regulate predicts higher level of procrastination. Contemporary Educational Psychology, 33, 915–931
  10. Monks, F.J, Knoers, A.M. P & Haditono, S.R. (2006).Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya.Yogyakarta: Gajah Mada University Press
  11. Mujidin & Rico Septian Avico. (2014). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi
  12. akademik pada mahasiswa Bengkulu yang bersekolah di Yogyakarta.Empathy, 2. 62-65
  13. Myers, G. D. (2012). Psikologi sosial buku I. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Humanika
  14. Nguyen., T.D., & Wilson, B.A. (2012). Belonging to tomorrow: an overview of procrastination.International Journal of Psychological Studies. 4, 211-217
  15. Risdiantoro, R., Iswinarti, & Nida, H. (2016). Hubungan prokrastinasi akademik, stress akademik dan kepuasan hidup mahasiswa.2nd Psychologi & Humanity. 360-373
  16. Taylor, S.E., Peplau, L.A., dan Sears, D.O. (2009). Psikologi sesial. Edisi keduabelas. Alih bahas: Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  17. Wilujeng, P. & Budiani. M. S.(2013). Pengaruh konformitas pada geng remaja terhadap perilaku agresi di SMK PGRI 7 Surabaya. Jurnal Penelitian psikologi.Vol 1, No. 2,1-13

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.