PERAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA LAKI-LAKI MA BOARDING SCHOOL AL-IRSYAD

YUNALDY IMANSYAH, Imam Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa laki–laki di MA boarding school Al-Irsyad. Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada tugas-tugas formal yang memiliki hubungan dengan jenis tugas akademik. Kuatnya pengaruh teman sebaya adalah bentuk dari konformitas teman sebaya yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan individu melakukan prokrastinasi akademik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 441 orang dan sampel penelitian 214 orang. Laki-laki dipilih menjadi subjek penelitian dikarenakan lebih sering melakukan prokrastinasi akademik. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala konformitas teman sebaya (25 aitem, α=0,887) dan prokrastinasi akadmik (24 aitem, α=0,876). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki MA boarding school Al-Irsyad (r=0,627;ρ=0,000). Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi konformitas teman sebaya yang dimiliki siswa laki-laki maka akan semakin tinggi pula prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki, sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya yang dimiki oleh siswa laki-lakimaka akan semakin rendah pula prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki. Konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 39,3 % pada prokrastinasi akademik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats