skip to main content

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA ANGKATAN 2013 JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2013 jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip. Prokrastinasi akademik merupakan seluruh tindakan penundaan yang dilakukan oleh mahasiswa, terutama dalam pengerjaan skripsi. Pola asuh otoriter adalah persepsi yang dimiliki oleh mahasiswa terkait dengan pengasuhan yang dilakukan oleh orangtuanya. Populasi penelitian yaitu mahasiswa aktif angkatan 2013 jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip. Sampel penelitian berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala pola asuh otoriter (38 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,930) dan skala prokrastinasi akademik (27 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,916). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik(rᵪᵧ=0,337; p=0,000). Semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik, dan sebaliknya. Mayoritas subyek penelitian berada padakategori rendah untuk pola asuh akademik dan prokrastinasi akademik. Pola asuh otoriter memberikan sumbangan efektif sebesar 11,4% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan 88,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diukur dalam penelitian.

Fulltext View|Download
Keywords: pola asuh otoriter, prokrastinasi akademik, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Aziz, A., & Rahardjo, P. (2013). Faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang menyusun skripsi di Universitas Muhamadyah Purwokerto tahun akademik 2011/2012. Jurnal Psycho Idea. 1(1), 61-68. Diunduh dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=325500
  2. Frazier, M. R. (1997). Parental involvement and its relationship to suspension levels in an urban middle school. (Unpublished master‘s thesis). The Ohio State University, Columbus, OH
  3. Gufron, N. & Risnawita, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
  4. Rohmatun. (2013). Hubungan self-efficacy dan pola asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  5. Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review quintessential self-regulatory Failure. Psychological Bulletin. Vol 133, No 1, 65-94, Doi: 10.10307/0033-2909.1331.65
  6. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta
  7. Sugiyono. (2014). Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.