skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA SISWA KELAS XII SMK YUDYA KARYA MAGELANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII SMK Yudya Karya Magelang. Kecemasan menghadapi dunia kerja adalah keadaan emosional yang mempunyai ciri reaksi fisik, behavioral, dan kognitif sebagai respon dalam menghadapi dunia kerja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Yudya Karya Magelang yang berjumlah 228 siswa dengan sampel penelitian 103 siswa yang dipilih menggunakna teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala yaitu skala kecemasan menghadapi dunia kerja (26 aitem valid, α = .896) dan skala dukungan sosial orangtua (41 aitem valid, α = 9.38). Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = -0,519  dengan nilai p = .000 (p < .05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti terbukti, yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin rendah kecemasan menghadapi dunia kerja. Semakin rendah dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi kecemasan menghadapi dunia kerja. Sumbangan efektif dukungan sosial orangtua terhadap kecemasan menghadapi dunia kerja sebesar 26,9 % dan 73,1 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial, kecemasan, orangtua, siswa

Article Metrics:

  1. Apollo & Cahyadi, A. (2012). Konflik peran ganda perempuan menikah yang bekerja ditinjau dari dukungan sosial keluarga dan penyesuaian diri. Madiun : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  2. Azizah, L. M. (2011). Keperawatan lanjut usia. Edisi pertama. Graha Ilmu : Yogyakarta Badan Pusat Statistik. Penduduk berumur 15 tahun ke atas menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan dan jenis kegiatan selama seminggu yang lalu, 2008-2016. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1909. (Diakses pada 4 November 2016)
  3. Bona, M, F. (2015). Atasi kemiskinan, kemdikbud akan perbanyak smk. http://www.beritasatu.com/pendidikan/309338-atasi-kemiskinan-kemdikbud-akan-perbanyak-smk.html. (Diakses pada 10 Februari 2017)
  4. Hapsari, Endah. (2016). Kamu siap kerja? Cek ini. http://www.republika.co.id/berita/koran/gen-i/16/04/29/o6e6k6-kamu-siap-kerja-cek-ini. (Diakses pada 10 Februari 2017)
  5. Hurlock B.E., (2007). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Erlangga
  6. Mayer, L. & Lewis, M. (2012). The cambridge handbook of environtment in human deveolopment. New York, NY : Cambridge University Press
  7. Nevid, J.R., (2005) . Psikologi abnormal jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga
  8. Sarafino, E. (2006). Health psychology: biopsychosocial interactions. Fifth edition. USA: John Wiley & Sons
  9. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology. New Jersey, NJ : John Wiley & Sons
  10. Sawitri, A. A. (2016). BPS : Pengangguran terbuka di indonesia capai 7,02 juta orang. https://nasional.tempo.co/read/768481/bps-pengangguran-terbuka-di-indonesia-capai-702-juta-orang. (Diakses pada 10 Februari 2017)
  11. Taylor, S.E., Peplau, L.A., dan Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial. Edisi Keduabelas. Alih Bahasa: Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  12. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_20_Tahun_2003
  13. Yunita, E. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir universitas muhammadiyah surakarta. Jurnal. http://eprints.ums.ac.id/28985/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.