skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN DISIPLIN KERJA PADA GURU SMP NEGERI 6 DAN 8 DI KABUPATEN PEMALANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan disiplin kerja pada guru di SMP Negeri 6 dan 8 Pemalang. Disiplin kerja adalah sikap seseorang untuk menaati semua peraturan yang diperintahkan organisasi dan norma-norma sosial yang berlaku, sadar akan tugas dan tanggung jawabnya serta menghargai waktu kerja sesuai ketentuan. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Populasi penelitian yaitu guru di SMP Negeri 6 dan 8 Pemalang dengan karakteristik subjek penelitian yaitu guru yang sudah menerima sertifikasi, usia 40 sampai 65 tahun. Sampel penelitian berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional (25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,898) dan skala disiplin kerja (42 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,940). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan disiplin kerja dengan koefisien korelasi antar variabel sebesar 0,626. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin baik disiplin kerja dan semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah disiplin kerja. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif terhadap disiplin kerja sebesar 39,2%.

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional, disiplin kerja, guru

Article Metrics:

  1. Afandi, P. (2016). Concept & indikator human resources management research. Yogyakarta: Deepublish
  2. Arsana, I. (2016). Etika profesi insinyur: membangun sikap profesionalisme sarjana teknik. Yogyakarta: Deepublish
  3. Asrori, A., Hidayat, T., & Nugroho, A. A. (2010). Hubungan kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas vii program akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Jurnal Wacana. Diunduh dari jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/56/56
  4. Brahmasari, I. A., & Peniel, S. (2009). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan situasional dan pola komunikasi terhadap disiplin kerja dan kinerja karyawan pada PT central proteinaprima tbk. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1). Diunduh dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=253870
  5. Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  6. Hamid, M. A. (2006). EQ: Panduan meningkatkan kecerdasan emosi . Kuala Lumpur: PTS Professional Publishing
  7. Hasibuan, H. M. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
  8. Mahbob, M. H., & Noor, A. N. (2017). Kecerdasan emosi, komunikasi non-verbal dan keterampilan peribadi para pekerja dalam konteks komunikasi keorganisasian. Malaysian Journal of Communication, 33(1), 368-382. Diunduh dari http://ejournal.ukm.my/mjc/article/view/16980
  9. Okezone.com. (2015, Desember 9). Disiplin rendah, guru bolos ngajar berbulan-bulan. Retrieved Agustus 6, 2016, from okezone.com: https://news.okezone.com/read/2015/12/09/65/1263927/disiplin-rendah-guru-bolos-ngajar-berbulan-bulan
  10. Rivai, V. (2014). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik. Jakarta: Rajawali Pers
  11. Sa'adah, N. A. (2010). Pengaruh persepsi siswa atas kedisiplinan guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap minat belajar siswa kelas x MAN Bayu Jepara tahun ajaran 2009-2010. Diunduh dari http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/99/jtptiain-gdl-nuramilatu-4906-1-skripsi-_.pdf
  12. Sinambela, L. P. (2012). Kinerja pegawai; teori pengukuran dan implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
  13. Sugiyatmi, Maria, M. M., & Edward, G. (2016). Pengaruh motivasi, gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap disiplin kerja serta dampaknya terhadap kinerja karyawan di PT Bina San Prima. Journal Of Management, 2(2). Diunduh dari http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/534
  14. Yusof, R., dkk. (2014). Identifying emotional intelligence competencies among Malaysian teacher educators. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 485 – 491. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.411

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.