skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HARDINESS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan hardiness pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.  Hardiness adalah serangkaian sikap individu yang menggambarkan pola pemikiran, perasaaan serta  tindakan individu agar dapat bertahan menghadapi masalah, yang ditandai dengan adanya komitmen  terhadap aktivitas yang dilakukan, memiliki keyakinan dapat mengontrol kejadian dan hal-hal yang tidak terduga, serta memiliki pandangan bahwa perubahan dan masalah yang terjadi adalah suatu kewajaran dan merupakan tantangan. Populasi penelitian sebanyak 156 orang mahasiswa fakultas psikologi Universitas Diponegoro yang dalam proses menyelesaikan skripsi. Penelitian dilakukan kepada 60 orang mahasiswa yang masih dalam proses menyelesaikan skripsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitan ini adalahskalahardiness(23aitem,α=0,859)danskalakonsepdiri(25aitem,α=0,910).Analisisdata yangdigunakanpadapenelitianinianalisisregresisederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif signifikan antara konsep diri dengan hardiness dengan rxy= .531 p=.000 (p<0.05). Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 28,2% terhadap hardiness.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: hardiness, konsep diri, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi kaitannya dengan Konsep Diri. Bandung: PT Rafika Aditama
  2. Amirudin, J.H., & Ambarini, T. K. (2014). Pengaruh hardiness dan coping stres terhadap tingkat stres pada kadet akademi TNI-AL. Jurnal Psikologi Industri Organisasi, 3, 72-78
  3. Bastianello, M.C., Pacico, J. C., & Hutz. (2014). Optimism, self-esteem and personality: adaptation and validation of the Brazilian version of Therevised life orientation Test (LOT-R). Journal Psico-USF Bragança Paulista, Vol 19, No. 3,523-531
  4. Maddi, S. R., & Khoshaba, D. M. (2005). Resilience at work: How to succeed no matter what life throw at you. New York: AMACOM
  5. Pambudi, P.S. & Wijayanti, D.Y. (2012). Hubungan antara konsep diri dengan prestasiakademikmahasiswakeperawatan.JournalKeperawatanSoedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Vol 7, No.2,93-99
  6. Sarwono, E. S. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Sobur, Alex. (2009). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
  7. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  8. Sumantri, Bambang. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Ngawi. Journal Media Prestasi, Vol 3, No. 2, 131-143
  9. Ulfah, M., & Ghalib, A. (2010). Parenting with love: panduan islami mendidik anak penuh cinta dan kasih sayang. Bandung: PT Mizan Pustaka
  10. Zuama, S. N. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan strategi coping pada mahasiswa angkatan 2009 Program Studi PG PAUD FKIP Universitas Tadaluko. Jurnal FKIP Universitas Tadaluko, Vol. 16, no 3, 41-51

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.