HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HARDINESS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Della Widiastuti, Yeniar Indriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan hardiness padamahasiswayangmengerjakanskripsidiFakultasPsikologiUniversitasDiponegoroSemarang. Hardinessadalahserangkaiansikapindividuyangmenggambarkanpolapemikiran,perasaaanserta tindakanindividuagardapatbertahanmenghadapimasalah,yangditandaidenganadanyakomitmen terhadapaktivitasyangdilakukan,memilikikeyakinandapatmengontrolkejadiandanhal-halyang tidak terduga, serta memiliki pandangan bahwa perubahan dan masalah yang terjadi adalah suatu kewajaran dan merupakan tantangan. Populasi penelitian sebanyak 156 orang mahasiswa fakultas psikologi Universitas Diponegoro yang dalam proses menyelesaikan skripsi. Penelitian dilakukan kepada 60 orang mahasiswa yang masih dalam proses menyelesaikan skripsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitan ini adalahskalahardiness(23aitem,α=0,859)danskalakonsepdiri(25aitem,α=0,910).Analisisdata yangdigunakanpadapenelitianinianalisisregresisederhana.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa ada hubungan positif signifikan antara konsep diri dengan hardiness dengan rxy= .531 p=.000 (p<0.05). Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 28,2% terhadaphardiness.

 

 


Keywords


Hardiness, Konsep Diri, Mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats