1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
2Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoroa, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI20102, author = {Heri Suhandi and Dian Sawitri}, title = {HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {motivasi belajar, Matematika, adversity intelligence, siswa SMA, kelas XI}, abstract = { Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara adversity intelligence dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas XI SMA N 1 Cilimus. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA dan IPS di SMA N 1 Cilimus sebanyak 355 orang. Teknik Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 176 orang, baik dari jurusan IPA maupun IPS. Alat ukur yang digunakan berupa skala, terdiri atas Skala A dversity Intelligence (25 item valid; α =.88) dan Skala Motivasi Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika (41 item valid; α = .94). Analisis regresi sederhana menunjukan ada korelasi positif yang signifikan antara adversity intelligence dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika, = .78 ( p <.001), artinya semakin tinggi adversity intelligence yang dimiliki siswa semakin tinggi motivasi belajarnya dalam mata pelajaran Matematika. Adversity intelligence memberikan sumbangan efektif pada motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika sebesar 61%. Siswa diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan adversity intelligence yang dimiliki, guru diharapkan membantu siswa dalam proses belajar dengan menggunakan metode yang mudah dipahami, dan peneliti selanjutnya diharapkan diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai korelasi antara motivasi belajar dengan variabel antisenden lain atau pada tingkat pendidikan yang lebih awal. }, issn = {2829-1859}, pages = {329--339} doi = {10.14710/empati.2017.20102}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20102} }
Refworks Citation Data :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara adversity intelligence dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas XI SMA N 1 Cilimus. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA dan IPS di SMA N 1 Cilimus sebanyak 355 orang. Teknik Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 176 orang, baik dari jurusan IPA maupun IPS. Alat ukur yang digunakan berupa skala, terdiri atas Skala Adversity Intelligence (25 item valid; α =.88) dan Skala Motivasi Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika (41 item valid; α = .94). Analisis regresi sederhana menunjukan ada korelasi positif yang signifikan antara adversity intelligence dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika, = .78 (p<.001), artinya semakin tinggi adversity intelligence yang dimiliki siswa semakin tinggi motivasi belajarnya dalam mata pelajaran Matematika. Adversity intelligence memberikan sumbangan efektif pada motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika sebesar 61%. Siswa diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan adversity intelligence yang dimiliki, guru diharapkan membantu siswa dalam proses belajar dengan menggunakan metode yang mudah dipahami, dan peneliti selanjutnya diharapkan diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai korelasi antara motivasi belajar dengan variabel antisenden lain atau pada tingkat pendidikan yang lebih awal.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University