skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DENGAN KEPUASAN KERJA PADA PERAWAT WANITA YANG SUDAH BERKELUARGA DI RUMAH SAKIT SWASTA X KOTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 23 Mar 2018; Published: 26 Mar 2018.

Citation Format:
Abstract

Kepuasan kerja adalah suatu perasaan senang atau tidak senang pada diri karyawan yang berhubungan dengan pekerjaannya maupun dengan kondisi dirinya. Konflik pekerjaan-keluarga adalah salah satu dari bentuk konflik peran yaitu tekanan atau ketidakseimbangan peran antara peran di pekerjaan dengan peran didalam keluarga, yang ditandai dengan adanya perselisihan atau konflik antara pekerjaan dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja. Subjek adalah perawat wanita yang sudah berkeluarga. Sampel diambil menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah sebanyak 52 perawat. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala yaitu Skala Konflik Pekerjaan-Keluarga dan Skala Kepuasan Kerja, sedangkan untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, dengan nilai rxy= .-637 (p < .005). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kepuasan kerja dengan konflik pekerjaan-keluarga pada perawat wanita yang sudah berkeluarga yang bekerja di Rumah Sakit X di kota Semarang. Artinya, semakin rendah konflik pekerjaan-keluarga yang dirasakan oleh perawat, maka semakin tinggi kepuasan kerja perawat, dan semakin tinggi konflik pekerjaan-keluarga perawat, maka semakin rendah kepuasan kerja perawat.

Fulltext View|Download
Keywords: kepuasan kerja, konflik pekerjaan-keluarga, perawat wanita

Article Metrics:

  1. Aiken, L. H., Clarke, S. P., & Sloane, D. M. (2002). Hospital Staffing, Organization, And Quality Of Care – Cross National Findings, Conference Paper. International Journal For Quality Of Healthcare. 14 (1), 5-13
  2. As’ad, M. ( 2004). Psikologi industri, seri umum. Sumber daya manusia. Edisi 4. Yogyakarta : Liberty
  3. Carlson, D. S., Kacmar, M. K., & Williams, L. J. (2000).Construction and validation of a multidimensional measure of work-family conflict. Journal of Vocational Behavior, 56, 249–276
  4. Christie, T. L. (2008). Nurses Perception Of Job Satisfaction And Sense Of Belonging In A Critical Care Environment. Thesis Presented As A Partial Requirement In The Master Of Science (M.Sc.) In Nursing School Of Graduate Studies Laurentian University, Sudbury, Ontario
  5. Clark, R. A., Hartline M. D., & Jones, K. C. (2009). The Effects Of Leadership Style On Hotel Employees’ Commitment To Service Quality. Cornell Hospitality Quarterly. 50 (2), 209-231
  6. Duffield, C. (2009). The Implications Of Staff ‘Churn’ For Nurse Managers, Staff, And Patients. Nursing Economic, 27 (2)
  7. Duggirala, M., Rajendran, C., & Anantharaman, R. N. (2008). Patient-Perceived Dimensions Of Total Quality Service In Healthcare. Benchmarking: An International Journal. 15 (5), 560-583
  8. Failasuffudien, A. (2003). Hambatan Karir Wanita. EKOBIS, Juli. 4(2), 241-248
  9. Friedman, S.D.& Greenhaus, J.H. (2000). Work and Family: Allies or Enemies? What Happens When Busines Professionals Confront Life Choices. New York: Oxford University Press
  10. Gillies, D.A. (2000). Manajemen keperawatan: Suatu pendekatan sistem. Edisi kedua. Philadelphia: W. B. Saunders
  11. Jex, S. M. & Britt, T. W. (2008). Organizational psychology: A scientist- practitioner approach second edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  12. Kim, H. (2009). Transformational And Transactional Leadership Of Athletic Directors And Their Impact On Organizational Outcomes Perceived By Head Coaches At NCAA Division II Intercollegiate Institutions. Dissertation Presented In Partial Fulfillment Of The Requirements For The Degree Doctor Of Philosophy, The Ohio State University
  13. Newman, B. M., & Newman, P. R. (2006). Development through life: A psychosocial approach. Australia: Thomson/Wadsworth
  14. Newman, K., Maylor, U., & Chansarkar, B. (2002). The Nurse Satisfaction, Service Quality And Nurse Retention Chain: Implication For Management Of Recruitment And Retention. Journal Of Management In Medicine. 16 (4/5), 271
  15. Noor, J. (2015). Metode penelitian. Jakarta: Kencana
  16. Prawitasari. (2006). Hubungan Beban Kerja Perawat Pelaksana Dengan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Husada Jakarta, Universitas Indonesia- Tesis S2. http://www.digilib.ui.ac.id/
  17. Rad, A. M. M. & Yarmohammadian, M. H. (2006). A Study of Relationship Between Manager’s Leadership Style And Employees Job Satisfaction. Leadership In Health Service.19 (2), XIXXVIII

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.