skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMA DAN SMK BERETNIS PAPUA DI KOTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 5 Mar 2018; Published: 5 Mar 2018.

Citation Format:
Abstract

Kebutuhan akan peningkatan sumber daya manusia Papua mendorong orangtua mengirimkan anak mereka untuk melanjutkan studi di luar Papua, salah satu kota tujuan studi ialah Kota Semarang. Dukungan dari teman sebaya menjadi penting dalam meningkatkan keyakinan kemampuan akademik siswa asal Papua tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) beretnis Papua di kota Semarang. Efikasi diri akademik adalah keyakinan individu bahwa dirinya mampu mengelola dan menyelesaikan tuntutan dan tugas akademik dengan baik. Subjek penelitian terdiri dari 64 siswa pada tahun ajaran 2016/2017, dengan karakteristik siswa SMA/SMK aktif beretnis Papua yang melanjutkan studi di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Likert, dengan Skala Dukungan Teman Sebaya (32 aitem, α = 0,87), Skala Efikasi Diri Akademik (21 aitem, α = 0,89). Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana memperoleh nilai koefisien korelasi (rxy = 0,42, dengan p< 0,001). Artinya bahwa semakin tinggi dukungan teman sebaya maka, semakin tinggi efikasi diri akademik siswa. Sumbangan efektif dukungan teman sebaya terhadap efikasi diri akademiksebesar 18%. Saran yang diberikan adalah agar subjek penelitian banyak menjalin hubungan baik dengan teman sebaya dari berbagai etnis dan guru serta pembina siswa asal Papua perlu mendesain sistem pembelajaran yang banyak melibatkan peran aktif teman sebaya.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Efikasi diri akademik; Dukungan teman sebaya siswa Papua

Article Metrics:

  1. Alvinda, N., &Hidayati, F. (2014) Pengaruh pelatihan harapan terhadap peningkatan efikasi diri akademik. Jurnal Empati, 3, 411-421
  2. Barimbing, S. K., & Kahija, Y. F. L. (2014). Pengalaman penyesuaian sosial mahasiswa etnis Papua di Kota Semarang. Jurnal Empati, 4, 104-113
  3. Evi, S.,&Abidin, Z. (2015). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres menghadapi tugas akhir pada mahasiswa Fakultas Tekhnik Jurusan Tekhnik Sipil Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4, 40-45
  4. Hapsari, A. (2012). Kepercayaan diri mahasiswa Papua ditinjau dari teman sebaya. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata
  5. Maturbongs, A. M. A. S. (2013). Penyesuaian sosial mahasiswa Papua di Semarang ditinjau dari konsep diri. Skripsi.Universitas Katolik Soegijapranata
  6. Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan.Jakarta: Erlangga
  7. Perry, J. C., DeWine, D. B., Duffy, R. D., and Vance, K. S. (2007). The Academic self-efficacy of urban youth: a mixed-methods study of a school-to-work program. Jounal of Career Development, 34, 103126.doi: 10.1177/0894845307307470
  8. Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga
  9. Sarafino, E. P. (2011). Biopsychosocial interactions. Hoboken, UK: John Wiley & Sons, Inc
  10. Tim Kreatif LKM UNJ. (2011). Restorasi pendidikan Indonesia: menuju masyarakat terdidik berbasis budaya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.