HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMA DAN SMK BERETNIS PAPUA DI KOTA SEMARANG

Stefanus Taa, Dian Ratna Sawitri

Abstract


Kebutuhan akan peningkatan sumber daya manusia Papua mendorong orangtua mengirimkan anak mereka untuk melanjutkan studi di luar Papua, salah satu kota tujuan studi ialah Kota Semarang. Dukungan dari teman sebaya menjadi penting dalam meningkatkan keyakinan kemampuan akademik siswa asal Papua tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) beretnis Papua di kota Semarang. Efikasi diri akademik adalah keyakinan individu bahwa dirinya mampu mengelola dan menyelesaikan tuntutan dan tugas akademik dengan baik. Subjek penelitian terdiri dari 64 siswa pada tahun ajaran 2016/2017, dengan karakteristik siswa SMA/SMK aktif beretnis Papua yang melanjutkan studi di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Likert, dengan Skala Dukungan Teman Sebaya (32 aitem, α = 0,87), Skala Efikasi Diri Akademik (21 aitem, α = 0,89). Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana memperoleh nilai koefisien korelasi (rxy = 0,42, dengan p< 0,001). Artinya bahwa semakin tinggi dukungan teman sebaya maka, semakin tinggi efikasi diri akademik siswa. Sumbangan efektif dukungan teman sebaya terhadap efikasi diri akademiksebesar 18%. Saran yang diberikan adalah agar subjek penelitian banyak menjalin hubungan baik dengan teman sebaya dari berbagai etnis dan guru serta pembina siswa asal Papua perlu mendesain sistem pembelajaran yang banyak melibatkan peran aktif teman sebaya.

 


Keywords


Efikasi diri akademik; Dukungan teman sebaya siswa Papua

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats