skip to main content

SMARTPHONE ADDICTION DITINJAU DARI ALIENASI PADA SISWA SMAN 2 MAJALENGKA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara alienasi dengan smartphone addiction pada siswa SMAN 2 Majalengka. Alienasi adalah perasaan terasing, terpisahkan, serta kehilangan ‘esensi’ terhadap dirinya, baik dikarenakan tindakannya sendiri maupun akibat lingkungan sekitarnya. Smartphone addiction adalah kecenderungan atau ketergantungan seseorang dalam menggunakan smartphone untuk mengakses internet secara terus menerus tanpa menghiraukan dampak negatifnya. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Majalengka kelas X, sedang atau pernah menggunakan smartphone. Populasi penelitian berjumlah 421 orang, dengan menggunakan metode cluster sampling yaitu cara pengambilan sampel yang berdasarkan pada kelompok atau cluster-cluster tertentu. Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak185 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala psikologi yang terdiri dari, Skala Smartphone Addiction (berjumlah 36 aitem) dengan koefisien reliabilitas 0,894 dan Skala Alienasi (berjumlah 30 aitem) dengan koefisien reliabilitas 0,821. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan rxy = 0,447 dengan p = 0,000, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara alienasi dengan smartphone addiction pada siswa SMAN 2 Majalengka. Kondisi tersebut menunjukkan semakin tinggi alienasi maka akan semakin tinggi pula smartphone addiction remaja, sebaliknya semakin rendah alienasi makan akan semakin rendah juga smartphone addiction remaja. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat smartphone addiction pada siswa SMAN 2 Majalengka berada dalam kategori rendah dan tingkat alienasi berada dalam kategori rendah. Alienasi memberikan sumbangan efektif sebesar 19,9% terhadap smartphone addiction, sedangkan 80,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: alienasi; smartphone addiction; remaja

Article Metrics:

  1. Bernroider, E. W. N., Krumay, B., & Margiol, S. (2014). Not without my smartphone! Impacts of smartphone addiction on smartphone usage. New Zealand: Australasian Conference on Information Systems
  2. Bian, M. W., & Leung, L. (2015). Smartphone addiction: Linking loneliness, shyness, symptoms and patterns of use to social capital. Media Asia, 14(2), 159-176
  3. Essau, C. A. (2008). Adolescent addiction: Epidemiology, assesment, and treatment. San Diego: Elsevier, Inc
  4. Fromm, E. (1995). The sane society. NY: A Fawcett Premier Book Jeong, H. S., & Lee, Y. S. (2015). Factors influencing smartphone addiction in nursing student: Focus on empathy. Information, 18(6), 2885-2890. ISSN 1343-4500
  5. Johnson, G. M. (2005). Student alienation, academic achievement, and WebCT use. Educational Technology & Society, 8(2), 179-189
  6. Lee, H., Hee-June, A., & Sam-Wook, C. (2014). The SAMS: Smartphone addiction management system and verification. J Medical System, 38(1) 1-10. doi 10.1007/s10916-013-0001-1
  7. Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga. Jakarta: Kencana
  8. Mirowsky, J., & Ross, C. E. (2003). Social causes of psychological distress. NY: Walter de Gruyter, Inc
  9. Santrock, J. W. (2012). Life-span development. NY: McGraw-Hill
  10. Teja, Z., & Schonert-Reichl, K. A. (2012). Peer relations of chinese dolescent newcomers: Relations of peer group integration and friendship quality to psychological and school adjustment. Int. Migration & Integration, 535-556. doi 10.1007/s12134-012-0253-5
  11. Widodo, M. S. (2005). Cinta dan keterasingan. Yogyakarta: Narasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.