slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENYESUAIAN DIRI ATLET TENIS MEJA PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar) JAWA TENGAH | Prawistri | Jurnal EMPATI skip to main content

PENYESUAIAN DIRI ATLET TENIS MEJA PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar) JAWA TENGAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk mendapatkan kententraman secara internal dan hubungannya dengan dunia sekitarnya. Sementara itu, tenis meja merupakan salah satu bentuk olahraga yang juga sering dijadikan hobi bagi sebagian orang. Di Indonesia, tenis meja telah menjadi bagian dari olahraga keatletan yang cukup menjanjikan, sehingga mulai dari kalangan remaja sekolah pun mengikutinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenologikal Analysis (IPA), pendekatan IPA dipilih karena memiliki prosedur analisis data yang sistematis dan terperinci. Penelitian ini menggunakan tiga subjek yang memiliki profesi sebagai atlet tenis meja PPLP, yang masih berstatus sebagai siswa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri yang dialami ketiga subjek berkaitan erat dengan proses awal menuju keatletan, penyesuaian dengan dunia keatletan itu sendiri, perubahan selama menjadi atlet, dan akhirnya orientasi keatletan. Penyesuaian diri yang dilakukan oleh ketiga subjek menurut hasil penelitian ini lebih menitikberatkan pada pengalaman-pengalaman para subjek untuk menyeimbangkan antara harapan dan kenyataan yang berkaitan dengan dunia keatletan dalam konteks bahwa para subjek masih berstatus sebagai siswa sekolah.
Fulltext View|Download
Keywords: penyesuaian diri; IPA; remaja; atlet tenis meja

Article Metrics:

  1. Agustian, H. (2006). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Refika Aditamas
  2. Ali, M., & Asrori, M. (2010). Psikologi remaja (perkembangan peserta didik). Jakarta : PT Bumi Aksara
  3. Gerungan, W .A. (2004). Psikologi sosial. Bandung: PT Refika Aditama
  4. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif : Untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta : Salemba Humanika
  5. Kartono, K. (2000). Hygiene mental. Bandung: Mandar Maju
  6. Kumalasari, F., & Ahyani, L.N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 22-31
  7. Kusdiyati, S., Halimah, L. Faisaluddin. (2011). Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. Humanitas, 8, 171-194
  8. Sarlito, W., & Eko, M. (2012). Psikologi sosial. Penerbit Salemba Humanika. Jakarta
  9. Sunarto, H., & Hartono, A. (2008). Perkembangan peserta didik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. Smith, J.A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis-theory,
  10. method, and research. London: Sage Publications

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.