slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR RX-KING DI SEMARANG | Hafizhudin | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR RX-KING DI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Identitas sosial merupakan penilaian positif atau negatif seseorang tentang siapa dirinya (termasuk di dalamnya adalah atribut pribadi dan atribut yang dibaginya bersama orang lain), berdasarkan keanggotaannya dalam suatu kelompok sosial seperti kelompok gender, ras, agama, dan kelompok sosial lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara identitas sosial dengan perilaku mengemudi agresif pada komunitas Rx-King di Semarang. Subjek penelitian adalah 100 orang anggota Club of Rx-King Semarang (CORS). Teknik pengambilan sampling dengan menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Identitas Sosial (29 aitem valid, α = 0,929) dan Skala Perilaku Mengemudi Agresif (31 aitem valid, α = 0,904). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy = 0,511 dengan p=0,000 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara identitas sosial dengan agressive driving pada komunitas motor rx-king Semarang. Artinya, semakin tinggi identitas sosial, maka semakin tinggi pula perilaku mengemudi agresif yang terlihat, begitupun sebaliknya. Identitas sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 26,1% pada perilaku mengemudi agresif yang artinya perilaku mengemudi agresif tidak selalu terjadi karena identitas sosial masih ada faktor lain sebesar 73,9% yang tidak diukur dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: identitas sosial; agressive driving; klub motor; club of rx-king semarang; rx-king

Article Metrics:

  1. Badan Pusat Statistik (BPS). (2010). Jumlah kecelakaan, korban mati, luka ringan, dan kerugian materi. (online). Diakses tanggal 30 September 2012. http://www.bps.go.id/menutab.php?tabel=1&kat=1&id_subyek=12 Hadi, S. (2015). Statistik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2. Muhaz, M. (2013). Kematangan emosi dengan aggressive driving pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 1(2), diakses dari http://ejournal.umm.ac.id
  3. Myers, D. (2012). Psikologi sosial. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika
  4. Sarwono, S.W., & Meinarno, E.A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta
  5. Tasca, L. (2000). A review of the literature on agressive driving research. Diakses tanggal 30 September 2012 diperoleh dari http://www.stopandgo.org/news/
  6. Winarsunu, T. (2015). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang : UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.