Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15428, author = {Khairisa Primawestri and Anggun Prasetyo}, title = {KEPRIBADIAN HONESTY-HUMILITY DAN PERILAKU IMPRESSION MANAGEMENT PADA KARYAWAN DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI JAWA TENGAH}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {5}, number = {4}, year = {2017}, keywords = {kepribadian HEXACO; honesty-humility; impression management; PNS}, abstract = {Pegawai Negeri Sipil sedang menghadapi tuntutan penilaian kinerja berorientasi hasil dan perombakan struktur birokrasi. Perilaku Impression Management (IM) berfungsi sebagai perilaku political influence di mana karyawan berusaha mengendalikan penilaian terhadap dirinya untuk memengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi. Kepribadian honesty-humility sebagai salah satu faktor kepribadian baru dalam inventori HEXACO belum banyak ditinjau sebagai anteseden dari perilaku IM. Karakteristik honesty-humility mencakup sifat-sifat tulus, adil, rendah hati dan menjauhi ketamakan sehingga akan bekerjasama tanpa memanfaatkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian honesty-humility dengan perilaku IM pada karyawan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat korelasi negatif antara honesty-humility dengan perilaku IM. Subjek penelitian adalah 86 karyawan Dinkop-UMKM Provinsi Jawa Tengah dari populasi sebanyak 141 karyawan melalui simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala modifikasi Impression Management Scale (28 aitem; α = 0,953) serta skala modifikasi dari Skala Honesty-Humility dalam HEXACO Personality Inventory (29 aitem; α = 0,929). Hasil analisis regresi menunjukkan adanya korelasi negatif dan signifikan antara honesty-humility dengan perilaku IM pada karyawan Dinkop-UMKM (rxy = -0,515; p < 0,001). Honesty-Humility memberikan sumbangan efektif 26,6% terhadap perilaku IM yang menunjukkan bahwa perilaku IM ditentukan oleh interaksi faktor individu dengan faktor situasional dan organisasional.}, issn = {2829-1859}, pages = {780--785} doi = {10.14710/empati.2016.15428}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15428} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University