skip to main content

KEPRIBADIAN HONESTY-HUMILITY DAN PERILAKU IMPRESSION MANAGEMENT PADA KARYAWAN DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI JAWA TENGAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Pegawai Negeri Sipil sedang menghadapi tuntutan penilaian kinerja berorientasi hasil dan perombakan struktur birokrasi. Perilaku Impression Management (IM) berfungsi sebagai perilaku political influence di mana karyawan berusaha mengendalikan penilaian terhadap dirinya untuk memengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi. Kepribadian honesty-humility sebagai salah satu faktor kepribadian baru dalam inventori HEXACO belum banyak ditinjau sebagai anteseden dari perilaku IM. Karakteristik honesty-humility mencakup sifat-sifat tulus, adil, rendah hati dan menjauhi ketamakan sehingga akan bekerjasama tanpa memanfaatkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian honesty-humility dengan perilaku IM pada karyawan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat korelasi negatif antara honesty-humility dengan perilaku IM. Subjek penelitian adalah 86 karyawan Dinkop-UMKM Provinsi Jawa Tengah dari populasi sebanyak 141 karyawan melalui simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala modifikasi Impression Management Scale (28 aitem; α = 0,953) serta skala modifikasi dari Skala Honesty-Humility dalam HEXACO Personality Inventory (29 aitem; α = 0,929). Hasil analisis regresi menunjukkan adanya korelasi negatif dan signifikan antara honesty-humility dengan perilaku IM pada karyawan Dinkop-UMKM (rxy = -0,515; p < 0,001). Honesty-Humility memberikan sumbangan efektif 26,6% terhadap perilaku IM yang menunjukkan bahwa perilaku IM ditentukan oleh interaksi faktor individu dengan faktor situasional dan organisasional.
Fulltext View|Download
Keywords: kepribadian HEXACO; honesty-humility; impression management; PNS

Article Metrics:

  1. Anderson, C., Spataro, S. E., & Flynn, F. J. (2008). Personality and organizational culture as determinants of influence. The Journal of Applied Psychology, 93(3), 702–710. doi: 10.1037/0021-9010.93.3.702
  2. Ashton, M. C., & Lee, K. (2007). Empirical, theoretical, and practical advantages of the HEXACO model of personality structure. Personality and Social Psychology Review: An Official Journal of the Society for Personality and Social Psychology, Inc, 11(2), 150–166. doi: 10.1177/1088868306294907
  3. Ashton, M. C., Lee, K., & de Vries, R. E. (2014). The HEXACO honesty-humility, agreeableness, and emotionality factors: A review of research and theory. Personality and Social Psychology Review, 18(2), 139–152. doi: 10.1177/1088868314523838
  4. Bolino, M. C., Kacmar, K. M., Turnley, W. H., & Gilstrap, J. B. (2008). A multi-level review of impression management motives and behaviors. Journal of Management, 34(6), 1080–1109. doi: 10.1177/0149206308324325
  5. Bourdage, J. S., Wiltshire, J., & Lee, K. (2015). Personality and workplace impression management: Correlates and implications. Journal of Applied Psychology, 100(2), 537–546. doi: 10.1037/a0037942
  6. DuBrin, A. J. (2011). Impression management in the workplace. New York, NY: Routledge
  7. Ferris, G. R. (1991). Personnel/human resources management: A political nfluence perspective. Journal of Management, 17(2), 447–488. doi: 10.1177/014920639101700208
  8. Harris, K. J., Kacmar, K. M., Zivnuska, S., & Shaw, J. D. (2007). The impact of political skill on impression management effectiveness. Journal of Applied Psychology, 92(1), 278–285. http://doi.org/10.1037/0021-9010.92.1.278 Lee, K., & Ashton, M. C. (2004). Psychometric properties of the HEXACO Personality Inventory. Multivariate Behavioral Research, 39(2), 329–358. doi: 10.1207/s15327906mbr3902_8
  9. Lee, K., & Ashton, M. C. (2016). Psychometric properties of the HEXACO-100. Assessment, 1–15. doi: 10.1177/1073191116659134MediaIndonesia.(2015,December7).Presideningatkansoalreformasibirokrasi.diaksesdariApril4,2016,fromhttp://www.mediaindonesia.com/news/read/9442/presiden-ingatkan-soal-reformasi-birokrasi/2015-12-07
  10. Sinha, J. B. P. (2008). Culture and organizational behavior. diakses dari https://books.google.co.id/books?id=y3KRs8-3pH8C
  11. Van Iddekinge, C. H., McFarland, L. a., & Raymark, P. H. (2007). Antecedents of impression management use and effectiveness in a structured interview. Journal of Management, 33(5), 752–773. doi: 10.1177/0149206307305563

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.