skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWI DI SMA SEMESTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat kebutuhan hidup menjadi semakin bertambah. Kondisi ini memunculkan perilaku baru dalam diri masyarakat, terutama pada siswi yang disebut dengan perilaku konsumtif. Siswi akan melakukan perilaku konsumtif dengan mengacu pada kelompoknya yang disebut dengan konformitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi. Subjek penelitian berjumlah 50 siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala, yaitu Skala Perilaku Konsumtif yang terdiri dari 27 aitem (α= 0,928) dan Skala Konformitas terhadap Teman Sebaya yang terdiri dari 28 aitem (α= 0,930). Hasil pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,565 dengan p= 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Konformitas terhadap teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 31,9% pada perilaku konsumtif dan sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas terhadap teman sebaya; perilaku konsumtif; siswi; SMA Semesta Semarang

Article Metrics:

  1. Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung: Pustaka Setia
  2. Franzoi, S, et al. (2009). Social psychology (4th ed.). New York: Mc Graw Hill
  3. Hurlock, E. (2002). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi 5.). Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Myers, D. (2012). Psikologi sosial (edisi 10.). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
  5. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat
  6. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen (edisi 7.). Jakarta: PT Indeks
  7. Sears, D.O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (2009). Psikologi sosial (edisi 5.). Jakarta: Erlangga
  8. Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  9. Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran (analisa perilaku konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM
  10. Winarsunu, T. (2015). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press
  11. Zebua, A., & Nurdjayadi. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Jurnal Phronesis, 3(6), 72-82

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.