Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15391, author = {Hanindya Putri and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWI DI SMA SEMESTA SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {5}, number = {3}, year = {2016}, keywords = {konformitas terhadap teman sebaya; perilaku konsumtif; siswi; SMA Semesta Semarang}, abstract = { Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat kebutuhan hidup menjadi semakin bertambah. Kondisi ini memunculkan perilaku baru dalam diri masyarakat, terutama pada siswi yang disebut dengan perilaku konsumtif. Siswi akan melakukan perilaku konsumtif dengan mengacu pada kelompoknya yang disebut dengan konformitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi. Subjek penelitian berjumlah 50 siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala, yaitu Skala Perilaku Konsumtif yang terdiri dari 27 aitem (α= 0,928) dan Skala Konformitas terhadap Teman Sebaya yang terdiri dari 28 aitem (α= 0,930). Hasil pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,565 dengan p= 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Konformitas terhadap teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 31,9% pada perilaku konsumtif dan sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {503--506} doi = {10.14710/empati.2016.15391}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15391} }
Refworks Citation Data :
Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat kebutuhan hidup menjadi semakin bertambah. Kondisi ini memunculkan perilaku baru dalam diri masyarakat, terutama pada siswi yang disebut dengan perilaku konsumtif. Siswi akan melakukan perilaku konsumtif dengan mengacu pada kelompoknya yang disebut dengan konformitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi. Subjek penelitian berjumlah 50 siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala, yaitu Skala Perilaku Konsumtif yang terdiri dari 27 aitem (α= 0,928) dan Skala Konformitas terhadap Teman Sebaya yang terdiri dari 28 aitem (α= 0,930). Hasil pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,565 dengan p= 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Semesta Semarang. Konformitas terhadap teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 31,9% pada perilaku konsumtif dan sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University