skip to main content

PROBLEM EMOSI REMAJA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA: STUDI KOMPARASI PADA SISWA SMA PARULIAN 1 MEDAN

*Yandari Ganes Theresia Tambunan  -  Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
Annastasia Ediati  -  Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problem emosi pada remaja siswa SMA dan mengetahui ada atau tidaknya perbedaan problem emosi remaja ditinjau dari tipe pola asuh yang diterapkan oleh orangtua. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah terdapat perbedaan problem emosi remaja ditinjau dari tipe pola asuh orangtua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Parulian 1 Medan, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 141 siswa yang diambil dari kelas X, XI, dan XII yang ditentukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologi yaitu Skala Pola Asuh Orangtua dan Skala Youth Self Report versi Bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan uji beda tes Kruskal-Wallis yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan externalizing problem pada remaja yang diasuh dengan pola asuh permisif (Mdnpermisif = 21) daripada remaja yang diasuh dengan pola asuh demokratis (Mdndemokratis= 17,5; p< 0,001) maupun pola asuh otoriter (Mdnotoriter= 20; p = 0,019). Sedangkan berdasarkan gender, remaja laki-laki lebih sering mengalami externalizing problem (Mlaki-laki = 23,11; Mperempuan= 19,80; p = 0,007), dan remaja perempuan lebih sering mengalami internalizing problem (Mperempuan = 22,54; Mlaki-laki = 18,54; p = 0,003).
Fulltext View|Download
Keywords: pola asuh orangtua; problem emosi; remaja
Article Info
Section: Research Articles
Statistics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.