Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15244, author = {Putri Adelia and Harlina Nurtjahjanti}, title = {HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DOKTER PRAKTIK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU BPJS KESEHATAN DI RSUP DR KARIADI SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {5}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {kualitas pelayanan dokter praktik; kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan}, abstract = {Kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan adalah adalah pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan memperoleh fasilitas berobat, pengobatan, dan kinerja dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Kualitas pelayanan dokter praktik adalah penilaian yang diberikan oleh pasien rawat jalan terhadap pelayanan dokter praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dokter praktik dengan kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan di RSUP Dr. Kariadi dan sampel penelitian berjumlah 150 pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan Skala Kualitas Pelayanan Dokter Praktik (29 aitem, α= 0,926) dan Skala Kepuasan Konsumen Pasien Rawat Jalan Pengguna kartu BPJS Kesehatan (32 aitem, α= 0,917). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara kualitas pelayanan dokter praktik dengan kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan (rxy = 0,643 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan dokter praktik maka semakin tinggi kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan. Kualitas pelayanan dokter praktik memberikan sumbangan efektif sebesar 41,4% terhadap kepuasan konsumen pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS Kesehatan.}, issn = {2829-1859}, pages = {312--316} doi = {10.14710/empati.2016.15244}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15244} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University