skip to main content

“USAHAKU, PILIHAN HATIKU” Sebuah Studi Fenomenologi Tentang Makna Bekerja pada Wanita Wirausahawan Batik di Pekalongan

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract

Peran wanita diidentikkan sebagai ibu rumah tangga, terutama bagi wanita yang telah menikah. Pada era sekarang, tidak sedikit wanita yang telah menikah tetap memutuskan untuk bekerja dengan berbagai alasan, salah satunya alasan ekonomi. Berwirausaha menjadi salah satu pekerjaan yang dapat dipilih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman memaknai bekerja pada wanita wirausahawan batik di Pekalongan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang wanita yang telah menikah dan memutuskan untuk berwirausaha batik. Subjek diambil dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis fenomenologi oleh Smith (2009). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki pengalaman memaknai bekerja yang berbeda. Subjek 1 memiliki pengalaman memaknai bekerja sebagai upaya penyempurnaan ibadah dalam arti dapat menjalankan kewajibannya sebagai seorang ibu rumah tangga namun juga berkontribusi membantu perekonomian keluarga, berwirausaha juga menjadi sebuah sarana penuangan ide kreatif dan sarana untuk dapat menjadi sosok mandiri dari segi finansial. Subjek 2 memiliki pengalaman memaknai bekerja sebagai upaya perjuangan hidup hingga pencapaian kesejahteraan hidup, berwirausaha juga menjadi sebuah investasi jangka panjang bagi subjek 2. Subjek 3 memaknai bekerja sebagai upaya mencapai kemandirian finansial
sehingga tidak bergantung dengan penghasilan suami. Bagi subjek 3, bekerja menjadi prinsip untuk dapat menghidupi diri sendiri. Pencapaian kesuksesan sebagai wirausahawan batik menjadi sebuah pilihan hati yang tepat bagi ketiga subjek.

Fulltext View|Download
Keywords: makna; makna bekerja; wanita bekerja; wirausahawan batik

Article Metrics:

  1. Casson, M. (2012). Entreprenuership. Jakarta: RajaGrafindo Persada
  2. Deiner. (2009). The science of subjuntive well-being: The collected works of ed deiner. New York: Springer
  3. Feist, J.,& Feist, G.J. (2011). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
  4. Feist, J.,& Feist, G. J. (2012). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
  5. Hendro. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
  6. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  7. Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Sheperd, D. A. (2008). Entrepreneurship kewirausahaan, edisi 7. Jakarta: Salemba Empat
  8. Kartono, K. (2007). Psikologi wanita: Mengenai wanita sebagai ibu dan nenek (vol. 2). Bandung: Mandar Maju
  9. Kattsoff, L. O. (1992). Pengantar filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
  10. Papalia, O. (2009). Human development: Perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Patton, W. (2013). Conceptualising women’s working lives. Rotterdam: Sense Publishers
  12. Santrock, J.W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
  13. Smith, J. A. (2009). Dasar-dasar psikologi kualitatif. Bandung: Nusa Media
  14. Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  15. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  16. Suharyadi, Nugroho, A., S. K., P., & Faturohman, M. (2012). Kewirausahaan: Membangun usaha sukses sejak usia muda. Jakarta: Salemba Empat
  17. Unger, R., & Crawford, M. (1992). Women & gender: A feminish psychology. New York: Mc. Graw-Hill. Inc
  18. West, R., Turner, & Lynn, H. (2009). Pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
  19. Wijatno, S. (2009). Pengantar entrepreneurship. Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana Indonesia
  20. Winardi, J. (2008). Entrepreneur dan entrepreneurship. Jakarta: Kencana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.