skip to main content

DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dukungan orang tua dengan kematangan karir siswa SMK kelas X program keahlian tata boga. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan orang tua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini menggunakan subjek penelitian siswa SMK kelas X dengan program keahlian tata boga selain itu terdapat perbedaan pada alat ukur yang digunakan untuk mengukur dukungan orang tua dan kematangan karir. Populasi dalam penelitian ini adalah 204 siswa kelas X dari SMK N 4 Madiun dan SMK N 4 Surakarta dengan sampel penelitian berjumlah 123 siswa, yang diperoleh melalui cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Kematangan Karir (26 aitem valid, α = .87) dan Skala Dukungan Orang Tua (45 aitem valid, α= .96) yang telah diujicobakan pada 45 siswa. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan orang tua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian Tata Boga (r = .54 ; p < .001), yang berarti bahwa semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi kematangan karir. Dukungan orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 30% dalam mempengaruhi kematangan karir siswa, sedangkan sisanya 70% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan pembaruan referensi dan lebih memperbanyak referensi sehingga dapat memperkaya hasil penelitian selanjutnya.
Fulltext View|Download
Keywords: kematangan karir; dukungan orang tua, siswa; Jurnal Empati; Undip

Article Metrics:

  1. bps.go.id. (2014). http:/www.bps.go.id, diakses 12 Desember 2014
  2. Burrell, G. L. (2008). A social ecology of adolescents’ future expectation (Doctoral dissertation). Available from ProQuest Dissertations. (UMI No. 3314634)
  3. Fatmasari, D. (2016). Hubungan antara konsep diri dan dukungan orang tua dengan kematangan karir pada siswa SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Ginevra, M. C., Nota, L., & Ferrari, L. (2015). Parental support in adolescents’s career development: Parents’s and Children’s perceptions. The Career Development Quartely, 63, 2-15. doi: 10.1002/j.2161-0045.2015.00091.x
  5. Hotcourse.co.id Hotcourse Indonesia. Diakses dari http://www.hotcourses.co.id/subject/catering/
  6. Monks, F.J., Haditono, S. R., & Knoers, A. M. P. (2014). Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
  7. republika.co.id. (2015). Tata boga yang kian diminati. Andi Nur Aminah (editor). 04 February 2015. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/15/02/04/nj8jv6-tata-boga-yang-kian-diminati pada tanggal 25 Maret 2015
  8. Santrock, J.W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
  9. Sharf, R. S. (2006). Applying career development theory to counselling. Balmont, CA: Thomson Higher Education
  10. Sudjani.(2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kematangan karir siswa sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Bandung. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7. FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 sd.14 November 2014
  11. Suherman, U. (2009). Konseling karir: Sepanjang rentang kehidupan. Bandung: Maestro
  12. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
  13. Turner, S. L., Brissett, A.A., Lapan, R. T., Udipi, S., & Ergun, D. (2003). The career-related parent support scale. Measurement and evaluation in counseling and development, 36, 83-94
  14. Winkel, W.S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan karir di institusi pendidikan. Jakarta: Media Abadi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.