slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
KECERDASAN EMOSIONAL DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA TARUNA SEMESTER III POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG | Sari | Jurnal EMPATI skip to main content

KECERDASAN EMOSIONAL DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA TARUNA SEMESTER III POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Psychological well-being adalah kemampuan individu yang ditandai dengan adanya perasaan bahagia, mempunyai kepuasan hidup, dan tidak ada gejala-gejala depresi. Kecerdasan emosional adalah tentang mengelola emosi dan memotivasi diri sehingga subjek dapat menghibur diri, dapat melepaskan kecemasan, kemurungan, ketersinggungan, dapat bangkit kembali dari semua itu, mampu berpikir positif, mampu untuk terus berjuang ketika menghadapi hambatan, tidak putus asa dan kehilangan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan psychological well-being pada taruna semester III Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Populasi penelitian adalah 443 taruna dan sampel penelitian berjumlah 210 taruna dengan karakteristik sampel: taruna yang sedang menjalani kehidupan asrama kampus. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Kecerdasan Emosional (33 aitem, α= 0,923) dan Skala Psychological Well-Being (32 aitem, α= 0,904). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan psychological well-being (rxy = 0,550 dengan p < 0,001) yang berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi psychological well-being. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 30,3% terhadap psychological well-being.

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosi; psychological well-being; taruna

Article Metrics:

  1. Goleman, D. (2000). Emotional intelligence (terjemahan). Jakata : Gramedia Pustaka Utama
  2. Hurlock, E. B. (1990). Developmental psychology: A lifespan approach. Boston: McGraw-Hill
  3. Nurdin. (2009). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah, IX(1)
  4. Putri, F. S. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI SMAN 3 Magelang. Skripsi (Diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro
  5. Ryff, D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069-1081
  6. Ryff, D. C, & Singer, H. B. (2008). Know thyself and become what you are a eudaimonie approach to psychological well-being. Journey of Happiness Studies, 9, 13-39

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.