HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PERAWAT RSUD HJ. ANNA LASMANAH BANJARNEGARA

Meiliana Ariani, Ika Febrian Kristiana

Abstract


Regulasi emosi merupakan dasar yang mendukung kemampuan untuk mengontrol emosi atau hubungan antara pekerjaan dengan klien. Peristiwa ditempat kerja dapat memicu reaksi emosi positif dan negatif sehingga diperlukan regulasi emosi yang tinggi untuk dapat menyesuaikan respon emosi yang muncul. Respon emosional pada peristiwa ditempat kerja dapat berpegaruh pada suasana hati yang akan mempengaruhi perilaku organizational citizenship behavior. Suasana hati positif mempengaruhi individu untuk menampilkan organizational citizenship behavior sehingga dapat meningkatkan efektivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan organizational citizenship behavior pada perawat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 perawat dengan sampel penelitian 90 perawat. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan melakukan randomisasi terhadap kelompok, bukan terhadap subjek individual. Pengumpulan data menggunakan Skala Regulasi Emosi dengan 19 aitem (α = 0.857 ) dan Skala Organizational Citizenship Behavior (α = 0.901 ) dengan 31 aitem. Analisa data menggunakan analisis regresi sederhana yang menunjukkan hasil rxy = 0.809 dengan p = 0.000 (p<0.001), artinya terdapat hubungan yang signifikan positif antara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perawat yang memiliki organizational citizenship behavior yang tinggi, salah satunya dikarenakan memiliki regulasi emosi yang tinggi, demikian pula sebaliknya perawat yang memiliki organizational citizenship behavior yang rendah, maka regulasi emosi yang dimiliki juga rendah. Regulasi emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 65,5% sedangkan 34,5% sisanya berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Keywords


organizational citizenship behavior; regulasi emosi; perawat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats