skip to main content

STUDI KASUS: KEMATANGAN SOSIAL PADA SISWA HOMESCHOOLING

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Remaja pada umumnya membutuhkan interaksi mutual dengan teman sebaya. Semakin banyak interaksi yang dilakukan semakin terbentuk pula kematangan sosial pada diri remaja. Kematangan sosial dapat dibentuk melalui pendidikan. Terdapat tiga jalur pendidikan di Indonesia salah satunya adalah pendidikan informal, seperti homeschooling. Homeschooling merupakan salah satu model belajar bagi anak dan merupakan pendidikan pilihan yang diselenggarakan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kematangan sosial pada remaja yang sedang menjalani homeschooling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Partisipan penelitian berjumlah 1 orang yaitu remaja yang sedang menjalani homeschooling, dan 3 informan yaitu orang tua, guru sewaktu SD, dan teman yang bersedia menjadi partisipan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian kematangan sosial pada partisipan tergambarkan dari konsep diri yang positif, self-direction yang bagus, kemandirian dalam belajar dimana partisipan sendiri yang memutuskan untuk homeschooling dengan berbagai pertimbangan di usianya pada saat itu. Dalam bersosialisasi partisipan cukup terampil berinteraksi dengan orang-orang lintas usia atau yang tidak sebaya. Sedangkan dalam berinteraksi dengan teman sebaya, partisipan mengalami sedikit kendala karena memiliki perbedaan jadwal dalam pembelajaran.
Fulltext View|Download
Keywords: kematangan sosial; homeschooling; remaja

Article Metrics:

  1. Afifah, D. R., Dwisusari, H. (2016). Profil kematangan sosial anak SD awal se-kota Madiun ditinjau dari vineland social maturity scale. Jurnal care. 03 (2),68-75
  2. Chotimah, D. A. C., (2007). Kematangan sosial siswa homeschooling pada usia sekolah. Skripsi thesis. Universitas Airlangga
  3. Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan remaja. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Hasan, A. B. P. (2006). Psikologi perkembangan islami. Jakarta: Rajawali Pers
  6. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif: untuk ilmu-ilmu sosial Jakarta: Salemba Humanika
  7. Hurlock, E. B. (2006), Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
  8. Kurniawan, D. C. (2013). Implementasi kurikulum homeschooling Kak Seto (HSKS) Semarang pada satuan SMA dan kualitas lulusannya. Skripsi. FIPUniversitas Negeri Semarang
  9. Medlin, R. G. (2007). Homeschooled children‟s social skills. Home School Researcher. 17 (1), 1–8
  10. Medlin, R. G. (2013). Homeschooling and the question of socialization revisited. Peabody Journal of Education: Issues of Leadership, Policy, andOrganizations. 88 (3). 284-297
  11. Nisfiannoor, M., Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal Psikologi. 2 (2).160-178
  12. Rifai, M. S. S. (2007). Pendidikan kesejahteraan keluarga. Retrieved from https://books.google.co.id/books?isbn=979025881X
  13. Sarifudin, W. (2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri siswa kelas VII MTs Negeri kecamatan pakem kabupatensleman daerah istimewa yogyakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Artikel. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta
  14. Setiawati, E., Suparno. (2010). Interaksi sosial dengan teman sebaya pada anak homeschooling dan anak sekolah reguler (study deskriptif komparatif). JurnalIlmiah Berkala Psikologi. 12 (1), 55-65
  15. Sumardiono. (2007). Homeschooling a leap for better learning lompatan cara belajar. Jakarta: Gramedia
  16. Vitasari, D. A. (2012). Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemampuan mengemukakan pendapat anak di Dusun Losari RandusariArgomulyo Cangkringan Sleman. Jurnal Citizenship.1 (2). 77-84

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.