skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK SKIN CARE PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2015.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan pengambilan keputusan dalam
menggunakan produk skin care pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jumlah populasi dan
sampel pada penelitian ini sebesar 148 mahasiswi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random.
Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi, yaitu Skala Pengambilan Keputusan dalam
Menggunakan Produk Skin Care (22 aitem valid, α = 0,857) dan Skala Konformitas (26 aitem valid, α = 0,899).
Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,346
dengan p = 0,000(p<0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konformitas dengan
pengambilan keputusan dalam menggunakan produk skin care. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar
12% pada pengambilan keputusan dalam menggunakan produk skin care dan sebesar 88% ditentukan oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: conformity, decision-making, skin care products

Article Metrics:

  1. Atmosudirjo, S.P. (1984). Beberapa pandangan umum tentang pengambilan keputusan (decision making). Jakarta: Ghalia Indonesia (Cetakan Ketujuh)
  2. Chaplin, J. P. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja-Grafindo Persada
  3. Engel, F. James; Roger D. Blackwell; Paul W. Miniard. (2004). Perilaku konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara
  4. Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  5. Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku konsumen. Bandung: Rifika Aditama
  6. Moesono, A. (2001). “Decision making” memilih studi psikologi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial. 9 . Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  7. Robbins, S. P., Judge, T. A. (2007). Organizational behavior. Jakarta: Salemba Empat
  8. Sarwono, S. W., Meinarno, E. A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  9. Siregar, A. A. P., Iskandar, Z., Nelwan, P. R. (2000). Kontribusi persepsi nilai individualism sebagai dampak budaya barat terhadap nasionalisme mahasiswa Indonesia usia 18-20 tahun. Jurnal Psikologi. 6(2): 13-22. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
  10. Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
  11. Tresna, P. (2010). Modul I dasar rias, perawatan kulit wajah. Bandung: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia
  12. Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press
  13. Yuniarsih, R. E., Sahrah, A. (2006). Pengambilan keputusan membeli produk kosmetika pemutih kulit ditinjau dari citra produk dan pemberian informasi hak-hak konsumen. Hal. 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.