skip to main content

PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN LAMA STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan individu secara sengaja untuk menunda memulai di awal atau menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dianggap penting. Prokrastinasi akademik berdampak negatif bagi pelakunya diantaranya adalah menghambat proses pembelajaran. Individu yang melakukan prokrastinasi akademik cenderung tidak yakin akan kemampuannya untuk menyelesaikan tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik serta mengetahui perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari lama studi. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik serta adanya perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari lama studi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro berjumlah 662 dan sampel berjumlah 227 mahasiswa, diperoleh melalui cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik (41 aitem, α=.91) dan Skala Prokrastinasi Akademik (33 aitem, α=.92) yang telah diujicobakan pada 117 mahasiswa. Anareg sederhana menunjukkan nilai rxy = -.62 (p < .001) yang menunjukkan adanya hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif sebesar 38.6% yang menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh efikasi diri akademik sebesar 38.6%. Tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik berdasarkan lama studi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menyusun lagi Skala Efikasi Diri Akademik dengan lebih baik sehingga mendapatkan hasil yang representatif dan menggali lebih dalam informasi terkait lama studi.
Fulltext View|Download
Keywords: prokrastinasi akademik; efikasi diri akademik; lama studi; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Bong, M. & Skaalvik E. M. (2003). Academic self-concept and self efficacy: How different are they really?. Educational Psychology Review, 15, 1-40
  2. Burka, J. B. & Yuen, L. M. (1983). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Cambridge, MA: Da Capo Press
  3. Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Erlangga
  4. Patrzek, J., Grunschel, C. & Fries, S. (2012). Academic Procrastination: The Perspectiveof University Counsellors. International Journal For The Advancement of Counselling, 34, 191-193
  5. Putri, N. F. A., Wiyanti, S. & Priyatama. A. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi universitas sebelas maret Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
  6. Rabin, L. A., Fogel, J. & Nutter-Upham, K. (2010). Academic procrastination in college students: the role of self-reported executive function. Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, 3(33), 344-357
  7. Rothblum, E., Solomon, L. & Murakami, J. (1986). Affective, cognitive, and behavioral differences between high and low procrastinators. Journal of Counseling Psychology, 33, 387-394
  8. Solomon, L. & Rothblum, E. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31, 503-509

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.