skip to main content

PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU PADA SISWA KELAS VII

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind map dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Terpadu pada siswa kelas VII SMP Institut Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi, yaitu non-randomized pretest posttest control group design. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok secara non-randomized berdasarkan usia dan kelas yang tersedia. Pengambilan data melalui pretest dan posttest. Pretest dan posttest dilakukan menggunakan tes hasil belajar yang mengacu pada silabus yang digunakan oleh SMP Institut Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Institut Indonesia. Berdasarkan hasil Wilcoxon test diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen (p=0,020). Sebaliknya, pada kelompok control tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest (p = 0,595). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mindmap dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA terpadu.
Fulltext View|Download
Keywords: mind map; IPA terpadu; siswa kelas VII

Article Metrics:

  1. Ahmadi, H. A. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineke Cipta
  2. Buzan, T. (2007). Buku pintar mind map: Membuka kreativitas, memperkuat ingatan, mengubah hidup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  3. Campbell, L., Campbell, B., & Dickinson, D. (2004). Teaching and learning through multiple intelegence (Third edition). Boston: Pearson Educational, Inc
  4. Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
  5. Djamarah, S, B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineke Cipta
  6. Hergenhahn, B. R. & Olson, M. H. (2009). Theories of learning (Alih bahasa: Tri Wibowo). Jakarta : Kencana Prenada Group
  7. Latipun. (2004). Psikologi eksperimen. Malang : UMM Malang
  8. Matlin, M. W. (2002). Cognition (Fifth Edition). Melbourne: Thomson Learning
  9. McWhorter, K. T. (2005). Efficient & flexible reading (Seventh Edition). New York: Pearson Longman
  10. Papalia, D. E., Olds, S. W. & Feldman, R. D. (2009). Human development (Alih Bahasa: Brian Marwens Day). Jakarta: Salemba Humanika
  11. Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  12. Prasodjo, B., Naryoko, Djanah, P., Tampubolon, R., Damayanti, E., Kamilati, N., Aloysius, S., & Sukirman. (2002). IPA Terpadu 1 SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Yudistira
  13. Santrock, J. W. (2007). Remaja (Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta). Jakarta: Erlangga
  14. Santrock, J. W. (2012). Life span development (Edisi ketigabelas) (Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta). Jakarta: Erlangga
  15. Sarwono, S. W. (2000). Psikologi remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  16. Sugihartono, Fathiyah, K.N., Setiawati, F.A., Harahap, F., & Nurhayati, S.R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
  17. Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  18. Solso, R. L., Otto, H. M., dan Kimberly, M. (2008). Psikologi kognitif (Alih Bahasa: Michael Rahardanto dan Kristianto Batuadji). Jakarta : Erlangga
  19. Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta
  20. Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi Kesembilan Jilid 2). Jakarta: PT Indeks
  21. Syah, M. (2000). Psikologi pendekatan: Dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  22. Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  23. Syah, M. (2008). Psikologi belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  24. Tirtonegoro, S. (2001). Penelitian hasil belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
  25. Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Kencana
  26. Wade, C. & Travis C. (2007). Psikologi (Edisi kesembilan Jilid 2). Jakarta: Erlangga
  27. Woolfolk, A. E. (2004). Educational psychology (Ninth Edition). Boston: Pearson Education
  28. Woolfolk, A. E. (2009). Educational psycology: Active learning edition (Alih Bahasa: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyatini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.