slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
STRES DAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO | Sulistiowati | Jurnal EMPATI skip to main content

STRES DAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dengan kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Jumlah sampel sebanyak 360 mahasiswa berusia antara 17 sampai dengan 19 tahun. Penelitian ini mengguakan teknik cluster random sampling, dua fakultas dengan latar belakang ilmu eksakta dan dua fakultas dengan latar belakang ilmu sosial. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu Skala Stres (31 aitem) serta Skala Kecenderungan Pembelian Impulsif (24 aitem). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara stres dengan kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa Universitas Diponegoro (rxy = 0,281; p < 0,001). Efektifitas regresi penelitian ini sebesar 7,9%, yang berarti bahwa kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa Universitas Diponegoro 7,9% dipengaruhi oleh stres, sedangkan sisanya 92,1% dijelaskan oleh faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: pembelian impulsif; stres; mahasiswa; Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Amneta, K. (2007). Is impulse shopping your emotional fix?. Diunduh dari kathrynamneta.com/pdfs/impulse_shopping.pdf
  2. Aldwin, C. M., & Werner, E. E. (2007). Stress coping, and development. Diunduh dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=1A737BF23B0E94D1887 FF3F3BCF2AB50
  3. Broden & Soderberg. (2011). Impulse buying, reasons why and consumer electronics, oh my!. Bachelor’s Thesis. University of Gothenburg, Swedia. Diunduh dari https://gupea.ub.gu.se/bitstream/2077/25619/1 /gupea_2077_25619_1.pdf
  4. Contrada, R. & Baum, A. (2011). The handbook of stress science: biology, psychology and health. Diunduh dari http://gen.lib.rus.ec/book/ index.php?md5=fe0a68d190d61a8220241a54284537e2
  5. Faber, R. J. & O’Guinn, C. T. (2008). Compulsive buying. Dalam: C. P. Haugtvedt, P. M. Herr, & F. R. Kardes. Handbook of consumer psychology (pp. 1039-1056). dari http://gen.lib.rus.ec/book/index. php?md5=219CAA377B 07FC58C0F8E1164F8AB2C1
  6. Hoyer, W. D. & Macinnis, D J. (2008). Consumer behavior. Diunduh dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=F49CF8F3441925C73067CD4640B0 AB04
  7. Sabri, M. A. (1993). Pengantar psikologi umum dan perkembangan. Jakarta: Pedoman ilmu jaya
  8. Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (2011). Health psychology biopsychological interaction. Diunduh dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5= 0D0D9C51C330BC045CFC4C23AE19BAEF
  9. Sari, A. A., Kusuma, H. E., & Tedjo, B. (2012). Tempat favorit mahasiswa sebagai sarana restorative. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 1(1), 5-18. Diunduh dari http://jlbi.iplbi.or.id/wp-content/uploads/2012/07/V1N1-p005-p018- Tempat-Favorit-Mahasiswa-Sebagai-Sarana-Restorative.pdf
  10. Sasongko, A. (2010, 16 September). Belanja bisa kurangi stres, benarkah?. Republika Online. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/infosehat/10/09/16/134867-belanja-bisa-kurangi-stres-benarkah-
  11. Scott, E. (2014, 9 Juni). Retail therapy and stress. About Health. Diakses dari http://stress.about.com/od/unhealthybehaviors/a/Retail-Therapy-And-Stress.htm
  12. Taushif, M, R. & Gupta, M. (2013). A study of factors affecting impulse buying behaviour of consumer at malls (Delhi). International Journal of Research and Development, 2(2), 46-50. Diunduh dari http://www.irdindia.in/journal_ijrdmr/pdf/vol2_iss2/10.pdf
  13. Tinnae, W.S. (2010). Impulse purchasing: a literature overview. ASA University Review, 4(2), 65-73. Diunduh dari http://www.asaub.edu.bd/data/ asaubreview/v4n2sl7.pdf
  14. Verplanken, B & Sato, A. (2011) The psychology of impulse buying: an integrative self-regulation approach. Journal of Consumer Policy, 34(2), 197–210
  15. Vohs, K. D., Baumeister, R. F. & Tice, D. M. (2008). Self-regulation. Dalam: C. P. Haugtvedt, P. M. Herr, & F. R.. Handbook Of Consumer Psychology, 349-366. Diunduh dari http://gen.lib.rus.ec/book/index. php?md5=219CAA377B 07FC58C0F8E1164F8AB2C1

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.