slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGARUH PELATIHAN ASERTIVITAS TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA: Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII | Herawati | Jurnal EMPATI skip to main content

PENGARUH PELATIHAN ASERTIVITAS TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA: Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Jan 2015.

Citation Format:
Abstract
Komunikasi Interpersonal adalah hal yang sangat penting bagi siswa. Komunikasi interpersonal yang baik pada siswa dapat meningkatkan keaktifan dan performa siswa dikelas, selain itu semakin baik kemampuan komunikasi interpersonal siswa maka semakin rendah keterlibatan siswa pada kenakalan remaja. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meingkatkan kemampuan komunikasi interpersonal adalah dengan memberikan pelatihan asertivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh asertivitas terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain Non - randomized pretest-posttest control group design. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan kelas yang tersedia, dengan jumlah subjek 30 pada kelompok kontrol dan 30 subjek pada kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Komunikasi Interpersonal. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan skor komunikasi interpersonal setelah diberikan pelatihan asertivitas. Pada Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rerata yang signifikan dari 78,16 ke 83,20 (p < 0,001). Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertivitas adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa.
Fulltext View|Download
Keywords: komunikasi interpersonal siswa; pelatihan asertivitas

Article Metrics:

  1. Corey, G. (2013). Teori dan praktek konseling & psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
  2. Luthfi, H. H. (2011). Hubungan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi siswaguru dengan motivasi berprestasi siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Rembang. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  3. Sindonews. (2014, 30 Oktober). Kenakalan anak akibat kurangnya komunikasi. Diakses dari http://metro.sindonews.com/read/799850/31/kenakalan-anak-akibatkurang-komunikasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.