skip to main content

PERBEDAAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Jan 2015.

Citation Format:
Abstract
Penerimaan teman sebaya adalah penilaian individu bahwa dirinya diterima, didengar, diperhatikan, dihargai, serta dapat merasa aman dan nyaman saat bersama dengan teman-teman umur yang sama. Penerimaan teman sebaya ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perilaku yang ditampakkan oleh individu yang merupakan cerminan dari kepribadian. Kepribadian ini dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap ada atau tidaknya perbedaan penerimaan teman sebaya ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah  335 siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Boyolali dan SMP N 2 Boyolali. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kepribadian Ekstrovert (α = 0,803), Skala Kepribadian Introvert (α = 0,805), dan Skala Penerimaan Teman Sebaya (α = 0,946). Analisis data dilakukan dengan uji statistik independent sample t test menunjukkan tidak terdapat perbedaan penerimaan teman sebaya ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert (t = 0,747; p = 0,458).
Fulltext View|Download
Keywords: penerimaan teman sebaya; kepribadian ekstrovert; kepribadian introvert

Article Metrics:

  1. Abidin, S. R. (2013). Salahkah menjadi introvert?. Diunduh dari http://sekarrinia.blogspot.in/2013/02/salahkah-menjadi-introvert.html/m=1
  2. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar
  3. Berndt, T. (1992). Child development. United States of America: Holt, Rinehart & Winston, Inc
  4. Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories of personality (Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (Perkembangan manusia) Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika
  6. Santrock, J. W. (2007). Remaja, jilid 2. Jakarta: Erlangga
  7. Sinthia, R. (2011). Hubungan antara penerimaan sosial kelompok kelas dengan kepercayaan diri pada siswa kelas I SLTP XXX Jakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Bengkuluh. Diunduh dari http://repository.unib.ac.id/327/
  8. Suryabrata, S. (2005). Psikologi kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers
  9. Trina, I. (2012). Hubungan antara penerimaan peer group dengan kepercayaan diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Diunduh dari www.ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/download/600/395.html
  10. Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi & pendidikan. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.