skip to main content

PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN RETENSI PADA KARYAWAN PKWT PROYEK DERMAGA PETIKEMAS PT. PP (PERSERO) JAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Jan 2015.

Citation Format:
Abstract
Retensi diperlukan tidak hanya untuk mengurangi biaya pergantian atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk merekrut dan melatih, tapi kebutuhan untuk mempertahankan karyawan lebih penting untuk mempertahankan karyawan berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Perceived Organizational Support (POS) dengan retensi pada karyawan PKWT Proyek Dermaga Petikemas PT. PP (Persero) Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala psikologi model Likert, yaitu Skala Retensi (23 aitem, α = 0,836) dan Skala Perceived Organizational Support (POS) (20 aitem, α = 0,804). Analisis data dengan menggunakan analisis yang dibantu dengan program komputer SPSS version 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Perceived Organizational Support (POS) dengan retensi pada karyawan PKWT Proyek Dermaga Petikemas PT. PP (Persero) Jakarta (r = 0,838; p < 0,001). Perceived Organizational Support (POS) memberikan sumbangan efektif sebesar 70,2% terhadap retensi.
Fulltext View|Download
Keywords: retensi; perceived organizational support (POS); karyawan PKWT

Article Metrics:

  1. Beheshtifar, M., Nezhad, H. A., & Moghadam, M. N. (2012). Investigation of perceived organizational support on employees’ positive attitudes toward work. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business, 4(8), 432-442. Diunduh dari http://journal-archieves26.webs.com/432-442.pdf
  2. BUMN Track. (2013). Upaya mencetak SDM berkualitas. Diunduh dari http://bumntrack.co.id/?ForceFlash=true#/blog/Dinamika-Upaya-MencetakSDM-Berkualitas.html
  3. Eisenberger, R., Stinglhamber, F., Vandenberghe, C., Sucharski, I., & Rhoades, L. (2002). Perceived supervisor support: Contributions to perceived organizational support and employee retention. Journal of Applied Psychology, 87(3), 565-573
  4. Finnegan, R. P. (2012). The power of stay interviews for engagement and retention. London: Nicholas Brealy Publishing
  5. Murphy, M., & Murphy, A. (2005). The deadly sins of employee retention. USA : Leadership IQ Press
  6. Patriota, D. (2009). Employee retention: An integrative view of supportive suman resource practices and perceived organizational support. Master thesis international business management: Uppsala Universitet. Diunduh dari http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:225179/FULLTEXT01.pdf
  7. Ramlall, S. (2003). Managing employee retention as a strategy for increasing organizational competitivenss. Applied H.R.M. Research, 8(2), 63-72. Diunduh dari http://www.xavier.edu/appliedhrmresearch/2003- Winter/MS%208_2_%20Ramlall.pdf
  8. Redaksi. (2011). Optimalisasi pengelolaan sumberdaya ekonomi nasional guna meningkatkan kemandirian dan daya saing dalam rangka ketahanan nasional. Diunduh dari http://beritasore.com/2011/06/07/optimalisasi-pengelolaansumberdaya-ekonomi-nasional-guna-meningkatkan-kemandirian-dan-dayasaing-dalam-rangka-ketahanan-nasional/
  9. Redaksi. (2012). SDM BUMN yang lebih kreatif. Diunduh dari http://www.infobanknews.com/2012/11/sdm-bumn-yang-lebih-kreatif/
  10. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
  11. Wickramasinghe, D., & Wickramasinghe, V. (2011). Perceived organisational support, job involvement and turnover intention in lean production in Sri Lanka. Int J Adv Manuf Technol. 55, 817–830

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.