skip to main content

Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 31 Aug 2015.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Bimbingan Konseling angkatan 2013 Universitas PGRI Semarang sebanyak 218 mahasiswa diperoleh dengan menggunakan  teknik pengambilan sampel random sampling. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah skala self-regulated learning dan skala persepsi metode pembelajaran kooperatif. Pengumpulan data dengan 39 aitem valid (α=0,879) skala self-regulated learning, dan18 aitem valid (α =0,730) skala  persepsi terhadap metode  pembelajaran kooperatif. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis product moment mendapatkan angka koefisien  rxy=0,581 dengan tingkat signifikansi p=0,000 (p<0,050),menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya ada hubungan positif antara persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning. Semakin positif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin tinggi self-reulated learningnya. Sebaliknya, semakin negatif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin rendah self-regulated learningnya.

Fulltext
Keywords: Self-regulated learning, Persepsi metode pembelajaran kooperatif, Mahasiswa

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.