Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI12975, author = {Pravita Hidayati and Diana Rusmawati}, title = {Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {Self-regulated learning, Persepsi metode pembelajaran kooperatif, Mahasiswa}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Bimbingan Konseling angkatan 2013 Universitas PGRI Semarang sebanyak 218 mahasiswa diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling . Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah skala self-regulated learning dan skala persepsi metode pembelajaran kooperatif. Pengumpulan data dengan 39 aitem valid (α=0,879) skala self-regulated learning , dan18 aitem valid (α =0,730) skala persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment . Hasil analisis product moment mendapatkan angka koefisien rxy=0,581 dengan tingkat signifikansi p=0,000 (p<0,050),menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya ada hubungan positif antara persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning . Semakin positif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin tinggi self-reulated learning nya. Sebaliknya, semakin negatif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin rendah self-regulated learning nya. }, issn = {2829-1859}, pages = {51--55} doi = {10.14710/empati.2015.12975}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/12975} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Bimbingan Konseling angkatan 2013 Universitas PGRI Semarang sebanyak 218 mahasiswa diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah skala self-regulated learning dan skala persepsi metode pembelajaran kooperatif. Pengumpulan data dengan 39 aitem valid (α=0,879) skala self-regulated learning, dan18 aitem valid (α =0,730) skala persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis product moment mendapatkan angka koefisien rxy=0,581 dengan tingkat signifikansi p=0,000 (p<0,050),menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya ada hubungan positif antara persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning. Semakin positif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin tinggi self-reulated learningnya. Sebaliknya, semakin negatif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin rendah self-regulated learningnya.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University