skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN INTENSI MEMBELI SMARTPHONE PADA SISWA KELAS XI SMA N 5 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 31 Aug 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan intensi membeli smartphone pada siswa kelas XI SMA N 5 Semarang. Konformitas terhadap teman sebaya adalah penyesuaian sikap atau tingkah laku individu dengan norma yang berlaku di dalam kelompok teman yang memiliki usia yang sama. Intensi membeli smartphone adalah niat individu dalam penggunaan uang untuk memperoleh ponsel dengan fitur komputer yang dapat mengakses internet, menggunakan email, dan menyimpan data. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA N 5 Semarang dengan total 300 siswa yang terdiri dari 12 kelas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 149 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu skala intensi membeli smartphone (28 aitem valid, α = 0,866) dan skala konformitas terhadap teman sebaya (25 aitem valid, α = 0,859). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah korelasi Pearson atau Product Moment Correlation (rxy). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy  = 0,224 dengan p = 0,006 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan intensi membeli smartphone. Semakin tinggi konformitas terhadap teman sebaya, maka semakin tinggi intensi membeli smartphone, demikian pula sebaliknya semakin rendah konformitas terhadap teman sebaya, maka semakin rendah intensi membeli smartphone
Fulltext
Keywords: Konformitas terhadap teman sebaya, Intensi Membeli Smartphone, Siswa kelas XI SMA

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.