skip to main content

PENUNDAAN UPACARA PENYERAHAN LETTER OF CREDENTIALS DUTA BESAR INDONESIA OLEH PEMERINTAH BRASIL

*Lucky Adhandani*, Kholis Roisah, Peni Susetyorini  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penundaan upacara penyerahan letter of credentials Duta Besar Indonesia oleh Pemerintah Brasil merupakan suatu peristiwa hukum yang jarang terjadi di dalam dunia pergaulan internasional antar negara. Pengaturan hukum internasional khususnya pada Vienna Convention on Diplomatic Relation 1961 yang berperan dalam mengatur dasar-dasar berhubungan diplomatik dengan negara-negara lain, tentunya terhadap apakah tindakan pemerintah Brasil bertentangan dengan Vienna Convention on Diplomatic Relations 1961 serta sah atau tidaknya tindakan brasil atas jawaban dari nota protes yang diajukan Indonesia atas penundaan upacara penyerahan letter of crentials.

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. metode pendekatan  berpegang dari segi-segi yuridis dan peraturan-peraturan hukum lainnya dalam mencari dan mengumpulkan data.. Data yang digunakan fokus dalam data sekunder, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan penundaan upacara penyerahan letter of credentials Duta Besar Indonesia oleh Pemerintah Brasil, akibat hukum yang dialami oleh Indonesia dikarenakan Brasil telah melanggar pasal 29 Vienna Convention on Diplomatic Relations 1961 yang telah merendahkan harkat dan martabat Duta Besar Indonesia.. dan Tanggapan Brasil atas Nota Protes dianggap tidak sah karena Pemerintah Brasil mengabaikan kaidah-kaidah hukum internasional dengan mengutamakan kepentingan nasional diatas kepentingan internasional dan tindakan Brasil tidak mencerminkan negara sebagai subjek hukum internasional

Fulltext View|Download
Keywords: Penundaan, Letter of Credentials, Pemerintah Brasil

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.