skip to main content

ANALISIS YURIDIS PENJATUHAN SANKSI PIDANA TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tegal No. 32/Pid.Sus-ank/2014/PN TGL)

*Dwi Kusumadewi Aditia*, Dr. Pujiyono, A.M. Endah Sri Astuti  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kasus tindak pidana yang dilakukan oleh anak di massa sekarang ini menjadi pembahasan yang sangat penting. Perlindungan yang dapat diberikan berupa perlindungan secara moral, psikis, dan emosional. Didalam sistem peradilan pidana anak, Anak yang Berkonflik dengan Hukum tetap dapat merasakan perlindungan hukum yang sesuai dengan hak-hak anak yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebijakan sistem pemidanaan terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum, mengetahui pertimbangan hukum Hakim dalam penjatuhan pidana terhadap anak pada putusan Pengadilan Negeri Tegal No. 32/Pid.Sus-ank/Pn TGL, serta mengetahui kesesuaian penjatuhan pidana yang telah dilakukan oleh hakim pada sistem pidana terhadap anak dan instrumen mengenai hak-hak anak. penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif.

Hasil penelitian pada kasus tindak pidana yang dilakukan oleh anak dalam perkara Nomor 32/Pid.sus-ank/2014/PN TGL, didalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak bahwa Anak yang Berkonflik dengan Hukum adalah anak yang telah berumur 12 (dua belas) tahun tetapi belum berumur 18 (delapan belas) tahun yang diduga melakukan tindak pidana. Batasan usia menjadi pertimbangan Hakim dalam memberikan putusan terhadap tindak pidana yang dilakukan oleh Anak, Putusan Hakim yang diberikan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan prinsip-prinsip hak anak yang salah satunya adalah kepentingan terbaik bagi anak.

Fulltext View|Download
Keywords: Sanksi pidana, Anak yang Berkonflik dengan Hukum.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.