skip to main content

EFEKTIVITAS RADIACWASH SEBAGAI DEKONTAMINAN Tc99m DAN I131 PADA PERMUKAAN DAERAH KERJA KEDOKTERAN NUKLIR

*M Rizqi Aditya Rahman  -  Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Eko Hidayanto  -  Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Rini Shintawati  -  Departemen Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekuler RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan radiacwash sebagai bahan dekontaminan dari tumpahan Tc99mdan I131 pada tiga permukaan daerah kerja yaitu keramik, kaca dan vinyl untuk mengetahui efektivitas bahan dekontaminan radiacwash dan mengetahui bahan permukaan daerah kerja yang penurunan laju kontaminasinya paling cepat.

Sumber Tc99mdan I131diteteskan pada ketiga permukaan, kemudian radiacwash diteteskan pada permukaan tersebut. Proses dekontaminasi dilakukan dengan teknik penyapuan memakai tissue. Laju kontaminasi diukur dengan alat monitor kontaminasi permukaan.

Sampai tahap proses dekontaminasi kesepuluh, kontaminasi Tc99m pada bahan permukaan keramik 221,10 cpm, 96,03 cpm pada kaca dan 1713,69 cpm pada vinyl. Sementara untuk kontaminan I131, pada permukaan keramik 52,14 cpm, 38,94 cpm pada kaca dan 335,94 cpm pada vinyl. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembersih radioaktif radiacwash lebih efektif untuk mengurangi kontaminan I131pada semua sampel permukaan daerah kerja. Selain itu didapatkan bahwa permukaan daerah kerja yang paling cepat mengurangi laju kontaminasi zat radioaktif adalah permukaan kaca.

Kata kunci :dekontaminasi, Tc99m, I131, radiacwash

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.