ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN PT. ULTRA PETERNAKAN BANDUNG SELATAN (UPBS) DI KABUPATEN BANDUNG SELATAN

Ratih Ainur Rahma, Dyah Mardiningsih, Bambang Trisetyo Eddy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi, promosi, fasilitas, komunikasi dan pengembangan prestasi terhadap loyalitas tenaga kerja di perusahaan UPBS. Penelitian ini di lakukan pada bulan 24-26 April 2012 di perusahaan UPBS Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Selatan. Penelitian menggunakan seluruh karyawan perusahaan sebagai responden. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui keadaan perusahaan UPBS dengan menggambarkan lokasi penelitian. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linier berganda dengan model persamaan Y= 20,601 + 0,521 X1 + 0,177 X2 + 0,146 X3 + 0,125 X4 – 0,105 X5. Koefisien determinasi (R2) dari hasil analisis regresi diperoleh nilai sebesar 0,441 artinya 44,1% variasi nilai loyalitas (Y) dapat dijelaskan oleh variasi yang terdapat pada kompensasi (X1), fasilitas (X2), promosi (X3), komunikasi (X4), dan pengembangan prestasi (X5) sedangkan 55,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kompensasi pada perusahaan UPBS mempunyai pengaruh sangat nyata terhadap loyalitas tenaga kerja di perusahaan tersebut. Tingkat loyalitas termasuk dalam kategori sedang dengan rerata 73,88. Secara serempak kompensasi (X1), fasilitas (X2), promosi (X3), komunikasi (X4), dan pengembangan prestasi (X5) berpengaruh sangat nyata terhadap loyalitas (Y). Secara parsial kompensasi (X1) berpengaruh sangat nyata terhadap loyalitas (Y), sedangkan fasilitas (X2), promosi (X3), komunikasi (X4), dan pengembangan prestasi (X5) tidak berpengaruh terhadap loyalitas (Y).

ABSTRACT

This study aims to determine how much influence compensation, promotion, facilities, communication and development achievements in the workforce loyalty UPBS company. The research was done in 24 to 26 April 2012 at the company UPBS District Pangalengan South Bandung regency. Research using the rest of the company as a respondent. Descriptive analysis is used to determine the state of the company UPBS by describing the research sites. The statistical analysis used the test multiple linear regression analysis using SPSS 16 for windows. Based on the calculations, the linear regression equation with the model equation Y = 20.601 + 0.521 + 0.177 X1 + X2 + X3 0.146 X4 0.125 - 0.105 X5. The coefficient of determination (R2) of the regression analysis obtained a value of 0.441 means that 44.1% variation in the value of loyalty (Y) can be explained by variations contained in the compensation (X1), facilities (X2), promotion (X3), communication (X4) and development achievements (X5), while 55.9% is explained by other variables not included in the model equations.The conclusion of this study that the company's compensation UPBS has the most significant effect on the loyalty of the workforce in the company. Loyalty levels included in the category with average 73.88. Simultaneously compensation (X1), facilities (X2), promotion (X3), communication (X4), and the development of achievement (X5) is very real effect on loyalty (Y). In partial compensation (X1) was highly significant effect on loyalty (Y), while the facilities (X2), promotion (X3), communication (X4), and the development of achievement (X5) had no effect on loyalty (Y).

Key word : Loyality, Labors’, corporate PT. UPBS


Keywords


Loyality; Labors;, corporate PT. UPBS

Full Text:

Fulltext PDF



Lisensi Creative Commons
AAJ diterbitkan oleh Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/aaj



is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats