PENGGUNAAN INTERNET PADA USAHA PETERNAKAN RAKYAT: STUDI KASUS PADA USAHA PETERNAKAN KAMBING BAROKAH GUNUNGPATI DAN PETERNAKAN KELINCI HIAS METESEH KOTA SEMARANG

Ihda Usria Nuril Ilmi, Bambang Trisetyo Eddy, Agus Setyadi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan internet yang diterapkan di dalam peternakan rakyat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada peternak agar mampu mengembangkan usaha peternakannya dengan menggunakan internet. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 November- 5 Desember 2012 di Peternakan Barokah Gunungpati Kota Semarang dan Peternakan Kelinci Hias Meteseh Kota Semarang. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kasus (case study). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Peternakan. Data dianalisis secara deskriptif dan ditambah dengan perhitungan Break Even Point (BEP) untuk mengetahui tingkat keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peternakan Kambing Barokah menggunakan indonet, sedangkan Peternakan Kelinci Hias menggunakan facebook untuk membantu mengembangkan usahanya. Peternak berusaha untuk membuat tampilan yang menarik dan memperbaharui informasi secara periodik sehingga penggunaan internet pada usaha peternakan rakyat cukup efektif untuk mengembangkan usahanya. Dengan profil yang jelas dan menarik yang disajikan dalam website mempermudah konsumen untuk berhubungan dengan peternak. Setelah menggunakan internet terdapat beberapa keuntungan yaitu peningkatan jumlah konsumen, perluasan wilayah pemasaran, penurunan biaya produksi, penurunan BEP sehingga terjadi efisiensi penggunaan biaya produksi dan peternak akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan.

Kata kunci: kualitatif; studi kasus; deskriptif; peternakan rakyat dan BEP

ABSTRACT

The purpose of this research was to know how far the internet is used in traditional farm. This research suggested the farmers to developed his farm using internet. This research was held at 5 November- 5 Desember 2012 in Barokah Goat Farm Gunungpati and Rabbit Farm Meteseh Semarang Regency. The method was used in this research was qualitative with case study method. Data were collected by depth interview, observation, and documentation. Secondary data were retrieved from Badan Pusat Statistik (BPS) and Dinas Peternakan. Data were analyzed by descriptive approach. Break Even Point (BEP) was conducted to analyze the benefit of traditional farm. The results showed that Barokah Goat Farm uses indonet and Rabbit Farm uses facebook to developed their farm. The farmers tried to made interesting profile and update that one periodicly so that, using internet in traditional farm was effective to developed his farm. Distinct and interesting profile was used in the website made easy communication between farmers and consumer. After using internet, the farmers got many benefits. They increased consumers, markets, decreased production costs, decrease BEP so that the farmers got benefits from his farm.

Key words: qualitative; case study; descriptive; farm and BEP


Keywords


qualitative; case study; descriptive; farm; BEP;kualitatif; studi kasus; deskriptif; peternakan rakyat.

Full Text:

Fulltext PDF



Lisensi Creative Commons
AAJ diterbitkan oleh Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/aaj



is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats