1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient9098, author = {Reza Taftazan and Sudjadi Sudjadi and Adian Rochim}, title = {PERANCANGAN TROUBLE TICKET SYSTEM PADA UPT PUSKOM UNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {4}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Trouble Ticket System atau dikenal juga sebagai Issue Tracking System adalah suatu paket perangkat lunak computer yang mengatur dan menjaga daftar dari laporan – laporan permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi. Sistem Trouble Ticket biasanya digunakan pada Costumer Support atau Call Center atau Helpdesk dari suatu organisasi. Universitas Diponegoro sebagai salah satu Universitas Negeri yang perangkat teknologi informasinya telah tumbuh besar sudah seharusnya memiliki Sistem Trouble Ticket agar pemberutahuan terhadap terjadinya suatu masalah pada Sistem Informasi dapat dilaporkan dan diselesaikan dengan cepat serta terdokumentasikan. Sistem Trouble Ticket ini juga dapat dijadikan tolak ukur untuk pengambilan keputusan perlu tidaknya perbaikan atau bahkan penggantian sistem pada layanan Universitas Diponegoro. Sistem Trouble Ticket yang dirancang pada Tugas Akhir ini dibuat sebagai aplikasi web sehingga diperlukan web browser dan sambungan internet untuk mengaksesnya. Sistem ini dibuat menggunakan PHP dan Javascript untuk menjalankan fungsi – fungsinya serta HTML sebagai antarmuka tampilannya. Sistem Trouble Ticket ini juga menggunakan Gammu sebagai SMS Gateway, Protocol IMAP untuk pengambilan email, PHPMailer untuk mengirim email, dan MySQL untuk mengelola basisdata. Hasil pengujian Sistem Trouble Ticket yang dirancang pada Tugas Akhir menunjukkan bahwa fungsi – fungsi pada sistem bekerja dengan baik. Permasalahan hanya akan terjadi jika pengguna tidak memasang atau mematikan Javascript pada web browser yang digunakannya. Kata kunci: sistem trouble ticket, tolak ukur, SMS Gateway, IMAP, PHPMailer. Abstract Trouble Ticket System, also known as Issue Tracking System is a computer software package that manage and maintain a documents of issues that happen in an organization. Trouble Ticket System usually used in Costumer Support or Call Center or Helpdesk of an organization. Diponegoro University as one of Indonesian Nationals University that the informatics technology structure has grown big, to have Trouble Ticket System is a must. That is so the notification of some sort of problems that happen on the informatics system can be reported and solved faster and documented. This Trouble Ticket System also can be used as a benchmark to decided if the system service in Diponegoro University must be repaired or must be upgraded. Trouble Ticket System designed in this Final made as a web application that requires a web browser and an internet connection to access. This system is built using PHP and Javascript to run its functions, and HTML for the interface. This Trouble Ticket System also uses Gammu as SMS Gateway, IMAP protocol for email retrieval, PHPMailer to send emails, and MySQL to manage the database. The test result of this Trouble Ticket System designed on Final Project indicates that the functions work properly. The problem will only occur if the user does not install or turn off Javascript on the web browser. Keywords: engine torque control, fuzzy logic, spark ignition engine }, issn = {2685-0206}, pages = {215--218} doi = {10.14710/transient.v4i1.215-218}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/9098} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Trouble Ticket System atau dikenal juga sebagai Issue Tracking System adalah suatu paket perangkat lunak computer yang mengatur dan menjaga daftar dari laporan – laporan permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi. Sistem Trouble Ticket biasanya digunakan pada Costumer Support atau Call Center atau Helpdesk dari suatu organisasi. Universitas Diponegoro sebagai salah satu Universitas Negeri yang perangkat teknologi informasinya telah tumbuh besar sudah seharusnya memiliki Sistem Trouble Ticket agar pemberutahuan terhadap terjadinya suatu masalah pada Sistem Informasi dapat dilaporkan dan diselesaikan dengan cepat serta terdokumentasikan. Sistem Trouble Ticket ini juga dapat dijadikan tolak ukur untuk pengambilan keputusan perlu tidaknya perbaikan atau bahkan penggantian sistem pada layanan Universitas Diponegoro. Sistem Trouble Ticket yang dirancang pada Tugas Akhir ini dibuat sebagai aplikasi web sehingga diperlukan web browser dan sambungan internet untuk mengaksesnya. Sistem ini dibuat menggunakan PHP dan Javascript untuk menjalankan fungsi – fungsinya serta HTML sebagai antarmuka tampilannya. Sistem Trouble Ticket ini juga menggunakan Gammu sebagai SMS Gateway, Protocol IMAP untuk pengambilan email, PHPMailer untuk mengirim email, dan MySQL untuk mengelola basisdata. Hasil pengujian Sistem Trouble Ticket yang dirancang pada Tugas Akhir menunjukkan bahwa fungsi – fungsi pada sistem bekerja dengan baik. Permasalahan hanya akan terjadi jika pengguna tidak memasang atau mematikan Javascript pada web browser yang digunakannya.
Kata kunci: sistem trouble ticket, tolak ukur, SMS Gateway, IMAP, PHPMailer.
Abstract
Trouble Ticket System, also known as Issue Tracking System is a computer software package that manage and maintain a documents of issues that happen in an organization. Trouble Ticket System usually used in Costumer Support or Call Center or Helpdesk of an organization. Diponegoro University as one of Indonesian Nationals University that the informatics technology structure has grown big, to have Trouble Ticket System is a must. That is so the notification of some sort of problems that happen on the informatics system can be reported and solved faster and documented. This Trouble Ticket System also can be used as a benchmark to decided if the system service in Diponegoro University must be repaired or must be upgraded. Trouble Ticket System designed in this Final made as a web application that requires a web browser and an internet connection to access. This system is built using PHP and Javascript to run its functions, and HTML for the interface. This Trouble Ticket System also uses Gammu as SMS Gateway, IMAP protocol for email retrieval, PHPMailer to send emails, and MySQL to manage the database. The test result of this Trouble Ticket System designed on Final Project indicates that the functions work properly. The problem will only occur if the user does not install or turn off Javascript on the web browser.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id