skip to main content

SISTEM PENJADWALAN SIDANG TUGAS AKHIR BERBASIS WEB DENGAN PESAN PENGINGAT MELALUI SMS DAN APLIKASI PADA PERANGKAT ANDROID DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO

*Galoh Randicha  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Wahyul Amien Syafei  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Adian Fatchur Rochim  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

Perkembangan teknologi informasi pada kondisi sekarang ini telah menjadi bagian yang penting dalam keberhasilan sebuah sistem terutama dalam pencapaian suatu informasi. Salah satu bagian dari teknologi informasi adalah sistem penjadwalan sidang tugas akhir. Sistem ini berisi tentang informasi penjadwalan sidang tugas akhir menggunakan web. Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro masih menggunakan sistem penjadwalan menggunakan kertas yang ditempelkan pada papan pengumuman. Ketika pengumuman sudah dikeluarkan, maka mahasiswa harus datang ke kampus untuk melihat hasil penjadwalan sidang tugas akhir, selanjutnya jika ada perubahan jadwal, administrator harus menyusun ulang dan menempelkan kembali jadwal yang baru, sedangkan kemampuan mahasiswa, terus menerus mengawasi hasil penjadwalan tersebut sangatlah terbatas oleh waktu dan jarak. Sistem Penjadwalan Sidang Tugas Akhir ini terdapat lima bagian inti yang dapat menghubungkan antara petugas pembuat jadwal, pengguna (mahasiswa dan dosen) dengan sistem penjadwalan sidang Tugas Akhir, yaitu peramban website, aplikasi pada perangkat Android (Java dan XML) yang dibangun menggunakan Eclipse Helios dan Android SDK, dan server yang terdiri dari file-file penghubung dan antarmuka web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, basisdata untuk jadwal maupun untuk SMS Gateway yang menggunakan MySQL, aplikasi SMS Gateway yang menggunakan Gammu 1.25.0.

 

Kata Kunci: sistem penjadwalan, web penjadwalan, pesan pengingat melalui SMS, aplikasi android

 

 

Abstract

 

The development of the current state of information technology has become an important part in the success of a system, especially in the achievement of information. One part of the information technology system is the final task exam scheduling. This system contains information about scheduling the final task ezam using the web. In the Department of Electrical Engineering, University of Diponegoro still uses the scheduling system using paper pasted on the notice board. When the announcement has been issued, the student must come to campus to see the results of the final task exam scheduling, then if there is a change in schedule, the administrator had to reorder and re- attach the new schedule, while the ability of students, continue to supervise the scheduling results is limited by the time and distance.This research exam system has five core parts that can connect between scheduller officer, users with final project exam system, website browser, apps on Android device is built using Eclipse Helios and Android SDK, and server that consist of connector files and web interface created using the PHP programming language, database for schedulle and SMS Gateway which uses MySQL, SMS Gateway application that uses Gammu 1.25.0.

 

Keywords: scheduling systems, web scheduling, reminder messages via SMS, android application
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.