slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
OPTIMALISASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK EDUKASI JENIS KUCING PELIHARAAN | Oktavia | Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro skip to main content

OPTIMALISASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK EDUKASI JENIS KUCING PELIHARAAN

Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, Indonesia

Editor(s): Wahyudi Wahyudi
Open Access Copyright 2024 Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) yang dirancang menggunakan Unity 3D, dengan fokus pada metode Marker Based Tracking untuk dioperasikan pada sistem operasi Android. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mengenal berbagai jenis kucing peliharaan melalui fitur-fitur inovatif yang meliputi pengenalan jenis kucing, kuis interaktif, opsi unduh marker, informasi tentang pengembang, dan panduan penggunaan yang lengkap. Saat menggunakan fitur pengenalan, pengguna dapat memilih jenis kucing tertentu dan aplikasi akan menampilkan deskripsi lengkap yang mencakup sejarah, ciri khas, serta suara dari kucing tersebut, semuanya disajikan dalam bentuk visualisasi 3D berbasis AR yang menarik dan interaktif. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan kuis untuk menguji pengetahuan pengguna tentang jenis kucing, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Dari evaluasi yang dilakukan terhadap 33 responden, hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang jenis kucing, dengan 57,6% responden merasa sangat paham, 36,4% merasa paham, dan 6,1% cukup paham setelah menggunakan aplikasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi AR ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna tentang keragaman jenis kucing peliharaan. Implementasi teknologi AR dalam edukasi jenis kucing ini menawarkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi pengguna, sehingga dapat menjadi referensi berharga untuk pengembangan aplikasi edukatif serupa di masa depan.
Fulltext View|Download
Keywords: Augmented Reality; Marker; Kucing

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.