skip to main content

PERANCANGAN KONTROLER AIR TO FUEL RATIO ELEKTRONIK BERBASIS FUZZY LOGIC SEBAGAI MODE BERKENDARA SPORT DAN ECONOMIC PADA SEPEDA MOTOR

*Kirana Herdinrodia  -  Derpartment of Electrical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract
Jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 84,49% dari keseluruhan
kendaraan bermotor di Indonesia dan terus mengalami peningkatan. Hal tersebut berdampak pada penggunaan
bahan bakar minyak (BBM) yang semakin meningkat. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dapat
dilakukan penerapan teknologi kontrol elektronik pada proses pembakaran di mesin berupa pengaturan air to
fuel ratio (AFR). Perubahan nilai AFR dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan performa mesin dari
sepeda motor. Namun, penggunaan teknologi kontrol AFR memiliki batasan salah satunya adalah hanya terdapat
satu profil berkendara berdasarkan nilai AFR yang ingin diraih. Untuk mengatasi hal tersebut, teknologi
kontroler AFR dapat dikombinasikan dengan teknologi mode berkendara. Penelitian tugas akhir ini merancang
prototipe kontroler AFR berbasis logika fuzzy yang dapat mengatur durasi buka injeksi dengan dua profil
berkendara yaitu sport dan economic. Kontroler dipasang secara paralel dengan engine control unit (ECU)
standar sepeda motor. Implementasi kontroler AFR pada sepeda motor menghasilkan penghematan konsumsi
BBM yang mencapai 28,1% pada mode berkendara economic. Pada mode berkendara sport peningkatan tenaga
mesin mampu mencapai 0,3 HP dan peningkatan torsi mesin mencapai 0,29 Nm.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.