skip to main content

DESAIN SISTEM KONTROL RASIO PERBANDINGANUDARA DAN BAHAN BAKAR (AFR)PADA MESIN 4 LANGKAH DENGAN METODE PENALAAN PIDBERBASIS LOGIKA FUZZY

*Muhammad Danang Nuralamsyah  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Aris Triwiyatno  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Budi Setiyono  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

Untuk menjaga supaya pemakaian bahan bakar pada mesin spark ignition tipe 4 langkah pada kondisi optimal, dapat diatasi dengan cara mengatur jumlah injeksi bahan bakar terhadap setiap perubahan unjuk kerja sistem. Dengan adanya pengaturan terhadap injeksi bahan bakar akan meningkatkan efektifitas pembakaran yang secara tidak langsung juga mengurangi kadar emisi pada gas buang.Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan penelitian tentang sistem cerdas injeksi bahan bakar untuk mengoptimalkan Air to Fuel Ratio (AFR) pada  mesin 4 langkah.Metode kendali yang digunakan adalah kendali Adaptif PID dengan penalaan yang berbasis logika fuzzy pada tiap  parameternya.Hasil perancangan Adaptif PID dibandingkan dengan sistem tanpa kontroler dan PID kontroler konvensional.Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, menunjukkan bahwa respon sistem mesin 4 langkah dengan kontroler Adaptif PID berbasis logika fuzzy yang dirancang memiliki faktor ketahanan yang paling baik,  rise time yang paling cepat, overshoot yang kecil dan integral area error (IAE) paling rendah dibanding dengan metode uji yang lain.

 

Kata kunci :spark ignition, air to fuel ratio, adaptif PID

 

 

Abstract

 

To keep the fuel consumption in optimal conditions ,it can be solved in regulating the quantity of fuel injected to any changes in system performance. With the arrangement of the fuel injection, this condition will increase the effectiveness of combustion, which indirectly also reduce exhaust gas emissions.In this final project, the research is conducted on intelligent systems to optimize the fuel injection of Air to Fuel Ratio (AFR) in Spark Ignition engines. The control method is PID control with fuzzy logic tuning based for each parameter.The Adaptive PID design results is compared with the system without controller and the conventional of PID controller. Based on the simulation using Matlab, it show that the response of Spark Ignition engine with Adaptive PID controller has a most excellent resistance factor, the fastest rise time, small of overshoot and the integral area error lower than other test methods.

 

Keyword :spark ignition, air to fuel ratio,adaptive PID
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.