1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient3058, author = {Muhammad Nuralamsyah and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {DESAIN SISTEM KONTROL RASIO PERBANDINGANUDARA DAN BAHAN BAKAR (AFR)PADA MESIN 4 LANGKAH DENGAN METODE PENALAAN PIDBERBASIS LOGIKA FUZZY}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {2}, number = {2}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Untuk menjaga supaya pemakaian bahan bakar pada mesin spark ignition tipe 4 langkah pada kondisi optimal, dapat diatasi dengan cara mengatur jumlah injeksi bahan bakar terhadap setiap perubahan unjuk kerja sistem. Dengan adanya pengaturan terhadap injeksi bahan bakar akan meningkatkan efektifitas pembakaran yang secara tidak langsung juga mengurangi kadar emisi pada gas buang.Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan penelitian tentang sistem cerdas injeksi bahan bakar untuk mengoptimalkan Air to Fuel Ratio (AFR) pada mesin 4 langkah.Metode kendali yang digunakan adalah kendali Adaptif PID dengan penalaan yang berbasis logika fuzzy pada tiap parameternya.Hasil perancangan Adaptif PID dibandingkan dengan sistem tanpa kontroler dan PID kontroler konvensional.Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, menunjukkan bahwa respon sistem mesin 4 langkah dengan kontroler Adaptif PID berbasis logika fuzzy yang dirancang memiliki faktor ketahanan yang paling baik, rise time yang paling cepat, overshoot yang kecil dan integral area error (IAE) paling rendah dibanding dengan metode uji yang lain. Kata kunci :s park i gnition, a ir to f uel r atio, adaptif PID Abstract To keep the fuel consumption in optimal conditions ,it can be solved in regulating the quantity of fuel injected to any changes in system performance. With the arrangement of the fuel injection, this condition will increase the effectiveness of combustion, which indirectly also reduce exhaust gas emissions.In this final project, the research is conducted on intelligent systems to optimize the fuel injection of Air to Fuel Ratio (AFR) in Spark Ignition engines. The control method is PID control with fuzzy logic tuning based for each parameter.The Adaptive PID design results is compared with the system without controller and the conventional of PID controller. Based on the simulation using Matlab, it show that the response of Spark Ignition engine with Adaptive PID controller has a most excellent resistance factor, the fastest rise time, small of overshoot and the integral area error lower than other test methods. Keyword :spark ignition, air to fuel ratio,adaptive PID }, issn = {2685-0206}, pages = {353--361} doi = {10.14710/transient.v2i2.353-361}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/3058} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Untuk menjaga supaya pemakaian bahan bakar pada mesin spark ignition tipe 4 langkah pada kondisi optimal, dapat diatasi dengan cara mengatur jumlah injeksi bahan bakar terhadap setiap perubahan unjuk kerja sistem. Dengan adanya pengaturan terhadap injeksi bahan bakar akan meningkatkan efektifitas pembakaran yang secara tidak langsung juga mengurangi kadar emisi pada gas buang.Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan penelitian tentang sistem cerdas injeksi bahan bakar untuk mengoptimalkan Air to Fuel Ratio (AFR) pada mesin 4 langkah.Metode kendali yang digunakan adalah kendali Adaptif PID dengan penalaan yang berbasis logika fuzzy pada tiap parameternya.Hasil perancangan Adaptif PID dibandingkan dengan sistem tanpa kontroler dan PID kontroler konvensional.Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, menunjukkan bahwa respon sistem mesin 4 langkah dengan kontroler Adaptif PID berbasis logika fuzzy yang dirancang memiliki faktor ketahanan yang paling baik, rise time yang paling cepat, overshoot yang kecil dan integral area error (IAE) paling rendah dibanding dengan metode uji yang lain.
Kata kunci :spark ignition, air to fuel ratio, adaptif PID
Abstract
To keep the fuel consumption in optimal conditions ,it can be solved in regulating the quantity of fuel injected to any changes in system performance. With the arrangement of the fuel injection, this condition will increase the effectiveness of combustion, which indirectly also reduce exhaust gas emissions.In this final project, the research is conducted on intelligent systems to optimize the fuel injection of Air to Fuel Ratio (AFR) in Spark Ignition engines. The control method is PID control with fuzzy logic tuning based for each parameter.The Adaptive PID design results is compared with the system without controller and the conventional of PID controller. Based on the simulation using Matlab, it show that the response of Spark Ignition engine with Adaptive PID controller has a most excellent resistance factor, the fastest rise time, small of overshoot and the integral area error lower than other test methods.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id