1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient3000, author = {Al Vandy Muhammad and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {DESAIN KONTROL AIR FUEL RATIO (AFR) PADA MODEL SPARK IGNITION ENGINE DENGAN METODE HYBRID FUZZY PI}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {2}, number = {2}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Air Fuel Ratio (AFR) atau rasio pembakaran udara dengan bahan bakar pada sebuah kendaraan seperti mobil merupakan salah satu variabel penting yang menentukan kesempurnaan pembakaran internal mesin. Sebuah kendaraan seperti mobil atau spark ignition engine memiliki banyak variabel kompleks dan berkaitan satu sama lain. Pengontrolan air fuel ratio pada spark ignition engine diharapkan menghasilkan rasio udara dengan bensin yang diinginkan . Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis mendesain kontrol air fuel ratio pada spark ignition engine menggunakan metode kontrol Hybrid Fuzzy PI. Penulis juga menuliskan model matematika dari spark ignition engine. Keluaran dari metode kontrol ini akan digunakan untuk mengontrol jumlah bensin yang akan masuk ke ruang pembakaran agar air fuel ratio berada pada nilai yang diinginkan yaitu 14,67 untuk mesin berbahan bakar bensin. Kata kunci : air fuel ratio , hybrid fuzzy PI , integral area error, spark ignition engine , stoi ch iometri c Abstract Air Fuel Ratio of combustion in a vehicle such as a car is one of the important variables that determine the perfection of the internal combustion engine. A vehicle such as a car or a spark ignition engine have many complex variables and related to one another. Controlling of air fuel ratio in spark ignition engine was expected to producing air to gasoline ratio that desired. In this research, the author has designed the air fuel ratio control in spark ignition engines using Hybrid Fuzzy PI control method. The author also has wrote a mathematical model of a spark ignition engine. Output of this control method will be used to control the amount of fuel that will going into the combustion chamber so that air fuel ratio is at the desired value is 14.67 for gasoline. Keywords : air fuel ratio, hybrid fuzzy PI,integral area error, spark ignition engine, stoichiometric }, issn = {2685-0206}, pages = {216--224} doi = {10.14710/transient.v2i2.216-224}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/3000} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Air Fuel Ratio (AFR) atau rasio pembakaran udara dengan bahan bakar pada sebuah kendaraan seperti mobil merupakan salah satu variabel penting yang menentukan kesempurnaan pembakaran internal mesin. Sebuah kendaraan seperti mobil atau spark ignition engine memiliki banyak variabel kompleks dan berkaitan satu sama lain. Pengontrolan air fuel ratio pada spark ignition engine diharapkan menghasilkan rasio udara dengan bensin yang diinginkan. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis mendesain kontrol air fuel ratio pada spark ignition engine menggunakan metode kontrol Hybrid Fuzzy PI. Penulis juga menuliskan model matematika dari spark ignition engine. Keluaran dari metode kontrol ini akan digunakan untuk mengontrol jumlah bensin yang akan masuk ke ruang pembakaran agar air fuel ratio berada pada nilai yang diinginkan yaitu 14,67 untuk mesin berbahan bakar bensin.
Kata kunci : air fuel ratio, hybrid fuzzy PI,integral area error, spark ignition engine, stoichiometric
Abstract
Air Fuel Ratio of combustion in a vehicle such as a car is one of the important variables that determine the perfection of the internal combustion engine. A vehicle such as a car or a spark ignition engine have many complex variables and related to one another. Controlling of air fuel ratio in spark ignition engine was expected to producing air to gasoline ratio that desired. In this research, the author has designed the air fuel ratio control in spark ignition engines using Hybrid Fuzzy PI control method. The author also has wrote a mathematical model of a spark ignition engine. Output of this control method will be used to control the amount of fuel that will going into the combustion chamber so that air fuel ratio is at the desired value is 14.67 for gasoline.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id