skip to main content

PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN TINGKAT KEPADATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY

*Saiful Furqon  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Indonesia
Imam Santoso scopus  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Indonesia
Yosua Alvin Adi Soetrisno orcid scopus  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract
Sistem lampu lalu lintas merupakan perangkat yang berfungsi mengatur arus kendaraan yang akan melewati suatu persimpangan. Durasi lampu lalu lintas umumnya dikendalikan secara otomatis dengan menggunakan durasi waktu yang ditetapkan. Pengendalian ini masih kurang efektif dalam mengatur kendaraan yang akan melewati  persimpangan, karena jumlah kendaraan setiap saat tidaklah sama. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan pengembangan metode pengendalian lampu lalu lintas yang dapat mengatur durasi nyala lampunya agar dapat menyesuaikan dengan jumlah kendaraan yang akan melewati persimpangan. Logika fuzzy dapat digunakan untuk mengatur lama durasi penyalaan lampu lalu lintas yang dapat menyesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada, dan mudah untuk diimplementasikan. Dalam penelitian ini menggunakan mikrokontroler Atmega 328p dengan metode logika fuzzy Tsukamoto untuk mengendalikan durasi penyalaan lampu lalu lintas. Terdapat beberapa pengujian yang dilakukan, yaitu pengujian pembacaan data, pengujian penyalaan lampu hijau, pengujian ketika ada ruas kosong, dan ketika semua ruas kosong. Hasil pengujian didapatkan durasi penyalaan lampu lalu lintas dapat menyesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada di ruas persimpangan dengan baik.
Fulltext View|Download
Keywords: lampu lalu lintas; logika fuzzy; durasi penyalaan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.