skip to main content

IMPLEMENTASI KONTROL ARUS PADA INVERTER SATU FASA MENGGUNAKAN DSPIC30F4011 DENGAN METODE KONTROL PROPORTIONAL INTEGRAL

*Muhammad Ivan Pradana  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Munawar Agus Riyadi  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Iwan Setiawan  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2019 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract
Konsumsi jumlah energi global yang semakin cepat membutuhkan sumber energi terbarukan. Oleh karena itu, energi terbarukan yang berkelanjutan dan tak habis-habis didapatkan dari angin, photovoltaic, atau pasang surut air laut yang menarik untuk diteliti. Inverter satu fasa adalah converter yang mengubah input DC menjadi output AC. Dalam penelitan ini, dirancang inverter satu fasa tipe Full Bridge dengan metode kontrol proportional-integral menggunakan mikrokontroler 16-bit dsPIC30F4011 karena metode kontrol tersebut mampu memperbaiki respon sistem dengan cepat. Arus keluaran inverter diumpan-balikkan oleh sensor arus ACS712-05B. Pengujian dilakukan dengan rentang pembangkitan arus referensi 1 – 2,5 A pada variasi beban 4 Ω dan 9 Ω, dan beberapa nilai parameter kp dan ki. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kontrol proportional integral adalah kontroler yang paling baik untuk digunakan sebagai pengendalian arus AC. Arus keluaran inverter dengan kontrol open loop belum bisa mengikuti arus referensi. Implementasi kontrol Proportional dapat meningkatkan kemampuan arus aktual dalam mencapai arus referensi walaupun masih belum mampu mengikuti gelombang arus aktual dengan baik dan masih terdapat pergeseran fasa. Kontrol Proportional-Integral dengan pemilihan nilai kp sebesar 0.99 dan ki sebesar 0.99 menunjukkan hasil yang terbaik. Tegangan output menyesuaikan arus yang melewati beban resistif.
Fulltext View|Download
Keywords: Inverter, Kontrol Arus, Proportional-Integral, .dsPIC30F4011.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.