skip to main content

PERANCANGAN OTOMASI VARIABLE TRANSFORMATOR UNTUK MENGATUR TEGANGAN KELUARAN BERBASIS MIKROKONTROLER

*Basten Bastory Rochim  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Abdul Syakur  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Budi Setiyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2019 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract

Sistem otomasi di zaman sekarang berkembang dengan sangat pesat hingga hampir semua aspek pekerjaan menggunakan otomasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk itu dibuatlah perancangan kontrol tegangan variable transformator ini menggunakan otomasi menggunakan mikrokontroler STM32F103C8T6 dan aktuatornya berupa servo continuous DF15RSMG. Variable transformator ini akan digunakan sebagai masukan tegangan untuk trafo sign sehingga akan menghasilkan tegangan tinggi. Sampai saat ini variable transformator  yang digunakan masih dengan menggunakan metode manual yaitu menggunakan tangan untuk memutar knopnya dan membaca tegangan aslinya menggunakan multimeter. Untuk membaca nilai tegangan AC dari keluaran variable transformator menggunakan sensor ZMPT101B menggunakan penundaan T/4 OSG (Orthogonal Signal Generator) . Metode Kontrol yang digunakan adalah metode on/off dan PI(Proporsional Integral). Pada pengujian respon sistem dengan referensi tetap menggunakan kontroler PI dengan nilai Kp 1,0 dan Ki 0,05 dihasilkan Td sebesar 6 detik, Tr sebesar 14 detik, Tp sebesar 14 detik, Ts sebesar 15 detik, dan Mp yang dihasilkan adalah 0,08%. Pengujian menggunakan kontroler ini lebih baik responnya jika dibandingan dengan pengujian menggunakan kontroler lainnya. Pada pengujian respon dengan pemberian gangguan semua kontroler yang diuji dapat merespon dengan baik.

Fulltext View|Download
Keywords: Variable transformator; Sensor ZMPT101B; Servo DF15RSMG Mikrokontroler STM32F103C8T6; Metode kontrol PI; Metode kontrol on-off

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.