SIMULASI SISTEM KONTROL KONTROL TEKANAN KOMPRESOR PADA ELECTRICALLY ASSISTED TURBOCHARGER DENGAN METODE CASCADE FUZZY-PI

*Satria Indra Nugraha  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Budi Setiyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Yuli Christyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Published: 13 Mar 2018.
Open Access Copyright 2018 TRANSIENT


Citation Format:
Abstract
Turbocharger adalah teknologi yang mulai banyak digunakan pada mobil penumpang. Namun turbocharger yang dipasangkan pada spark ignition engine (SI engine) mengalami turbolag dikarenakan perubahan sudut bukaan throttle yang sering terjadi. Hal ini menyebabkan respon sistem menjadi lambat. Beberapa metode yang dilakukan untuk mengurangi turbolag yaitu : penggunaan mesin dengan rasio kompresi tinggi, penempatan katup throttle sebelum kompresor, variable geometry turbocharger, dan pemendekan pipa inlet dan exhaust. Akan tetapi, metode tersebut tidak dapat mengeliminasi turbolag seluruhnya. Salah satu metode untuk mengeliminasi turbolag adalah dengan aktuator tambahan seperti motor DC sebagai electric assist. Motor DC sebagai electric assist dapat memberikan torsi bantu pada turbocharger untuk menghasilkan respon sistem untuk mencapai tekanan kompresor ideal dengan cepat dan stabil pada keadaan tunaknya. Pada penelitian ini dirancang dua struktur sistem kontrol tekanan kompresor pada electrically assisted turbocharger dengan metode cascade fuzzy-PI sehingga motor DC sebagai aktuator tambahan dapat menghasilkan torsi bantu yang sesuai. Hasil pengujian menunjukkan settling time masing-masing struktur 95,99 % dan 95,17 % lebih singkat dibanding sistem turbocharger konvensional.
Keywords: spark ignition engine, turbocharger, electric assist

Article Metrics: