1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient18280, author = {Fransiskus Gunawan and Juningtyastuti Juningtyastuti and Budi Setiyono}, title = {KORELASI ANTARA FAKTOR INDIVIDU, SISTEM PERGURUAN TINGGI, DAN SISTEM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA DENGAN METODE PEMODELAN LOGIKA FUZZY SUGENO}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {6}, number = {2}, year = {2017}, keywords = {faktor individu, faktor perguruan tinggi, faktor pembelajaran prestasi belajar, Fuzzy Sugeno, orde-1, SPSS, pearson’s product moment}, abstract = {Sistem akreditasi dan evaluasi sistem belajar merupakan bagian dari proses untuk menilai mutu pendidikan suatu lembaga pendidikan formal maupun non-formal. Proses pendidikan merupakan suatu sistem yang meliputi input, proses dan output. Input merupakan peserta didik yang akan melaksanakan aktivitas belajar, proses merupakan kegiatan dari belajar mengajar sedangkan output merupakan hasil dari proses yang dilaksanakan. Melalui penelitian “Korelasi antara faktor individu berupa motivasi dan disiplin, kemudian faktor perguruan tinggi berupa sarana-prasarana, dan faktor pembelajaran berupa metode belajar, faktor dosen dan penguasaan materi terhadap prestasi mahasiswa menggunakan metode fuzzy sugeno” untuk melakukan pemodelan dan klasifikasi output prestasi mahasiswa berdasarkan susunan input yang paling berpengaruh dalam peningkatan prestasi mahasiswa. Komputasi fuzzy yang digunakan adalah model sugeno orde-1. Pada penelitian ini, dihasilkan nilai koefisien setiap input terhadap output melalui teknik korelasi product moment oleh Pearson. Perbandingan antara nilai output pada hasil fuzzifikasi dengan nilai output hasil data survei melalui kuisioner menghasilkan error kecil. Hasil pengujian dan analisis dengan menggunakan metode logika fuzzy Sugeno orde-1 menunjukkan bahwa error model yang muncul diantara 1% hingga 5% dengan model output beragam untuk setiap matakuliah. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor individu memiliki pengaruh tertinggi dalam output prestasi pada suatu sistem pembelajaran di perguruan tinggi.}, issn = {2685-0206}, pages = {290--297} doi = {10.14710/transient.v6i2.290-297}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/18280} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id